Nggak Perlu Musuhin Nasi saat Diet, Simak Cara Masak Nasi Biar Rendah Kalori!

Selasa, 29 November 2022 - 13:38 WIB
loading...
Nggak Perlu Musuhin Nasi saat Diet, Simak Cara Masak Nasi Biar Rendah Kalori!
Nasi low carbo lagi populer banget, terutama di kalangan orang-orang yang sedang menjalani diet. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Belakangan ini, nasi low carbo lagi populer banget, terutama di kalangan orang-orang yang sedang menjalani diet. Pasalnya, banyak orang yang ingin diet tapi tetap mengonsumsi nasi. Nah, nasi low carbo lah solusinya!

Dipaparkan oleh James dalam National Meeting and Exposition of the American Chemical Society pada Maret 2015, ternyata metode memasak nasi ini sangat sederhana. Anda juga bisa mencobanya di rumah karena kalorinya bisa berkurang hingga 50%!

Cara memasak nasi low carbo yang bisa mengurangi jumlah kalori hingga 50%
1. Tuangkan air dalam panci, rebus hingga mendidih.
2. Masukkan satu sendok teh minyak kelapa untuk setiap setengah cangkir beras yang dimasak sebelum Anda memasukkan berasnya.
3. Setelah nasi matang, biarkan dingin di kulkas selama 12 jam.
4. Setelah di simpan ke dalam kulkas selama 12 jam, Anda hanya perlu memanaskannya ke dalam microwave jika ingin mengonsumsinya.

Baca juga: Traveling ke Luar Negeri, Jangan Lupa Cobain 5 Olahan Nasi Mancanegara Ini!

Fakta sains di balik metode memasak nasi low carbo
Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana mungkin metode ini bisa mengurangi kalori nasi hingga 50%? Ternyata, pati terbagi menjadi dua tipe utama, yaitu pati tercerna (digestible starch) dan pati resistan (resistant starch).

Pati tercerna adalah tipe yang dengan cepat dikelola oleh tubuh menjadi glukosa dan disimpan menjadi lemak bila tidak dibakar. Sementara pati resistan tidak dipecah menjadi glukosa dan melewati usus seperti serat sehingga memiliki kalori yang lebih rendah.

Dengan menambahkan lemak seperti minyak kelapa dan langsung mendinginkan nasi, kandungan pati di dalamnya berubah menjadi lebih banyak yang resistan.

Dalam siaran persnya, James menjelaskan, mendinginkan (nasi) dengan cepat selama 12 jam dapat menyebabkan formasi ikatan hidrogen antara molekul amilosa yang berada di luar butiran nasi sehingga mengubahnya menjadi pati resistan.

Baca juga: Melly Goeslaw Kini Cuma Konsumsi Nasi Satu Sendok: Aku Cubit-Cubit Biar Makannya Lama

Dukung keinginan Anda untuk hidup yang lebih sehat dengan cara memasak beras yang tepat!
Selain cara memasak yang harus diperhatikan agar tercipta nasi low carbo, Anda juga harus pandai-pandai dalam memilih beras. Pilih beras premium seperti Beras Keluarga Bijak (BKB) supaya nasi jadi pulen dan lezat saat disantap!

Beras Keluarga Bijak (BKB) juga dibanderol dengan harga yang terjangkau. Dapatkan 2 bag beras variant 5 kg di AladinMall by Mister Aladin dengan hanya Rp100.000 saja!

Caranya, gunakan kode voucher AMBKBNOV pada saat checkout ya! Kini, Anda bisa mendapatkan 10 kg beras premium dengan harga yang tidak memberatkan kantong. Tak usah takut ongkos kirim (ongkir), beras kita free ongkir lho!

(ind)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2802 seconds (11.252#12.26)