5 Fakta Shekel, Mata Uang Negara Israel

Kamis, 12 Oktober 2023 - 12:34 WIB
Shekel adalah mata uang Israel yang digunakan sebagai alat pembayaran sah. Foto/Reuters
JAKARTA - Shekel adalah mata uang Israel yang digunakan sebagai alat pembayaran sah di negara tersebut. Mata uang shekel memiliki sejarah yang cukup panjang.

Israel berdiri pada tahun 1948 dan merupakan satu-satunya negara mayoritas Yahudi di dunia. Negara ini memiliki populasi sekitar 9 juta orang, dengan bahasa Ibrani sebagai bahasa resmi.

Adapun sistem moneter Israel modern didasarkan pada mata uang Israel yang dikenal sebagai Shekel Israel Baru (NIS) yang diperkenalkan pada tahun 1985.



Berikut fakta-fakta shekel sebagai mata uang resmi Israel.



Fakta Mata Uang Israel Shekel



1. Sejarah Shekel



Sebelum koin dikembangkan, shekel digunakan sebagai satuan berat yang memfasilitasi alat tukar dengan berbasis emas dan perak. Sistem ini berkembang menjadi mata uang di mana koin dicap dengan segel untuk mengesahkan berat dan keasliannya.

Mata uang awal yang terkait dengan shekel muncul dari Babilonia, Lidia, dan Fenisia. Shekel mengalami revisi dan perubahan antar kerajaan selama berabad-abad. Mata uang berbasis shekel terus dikembangkan dari berbagai kerajaan, seperti Kartago, Persia, dan Kekaisaran Romawi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More