Diapresiasi Jokowi, Bank BRI Paling Besar Salurkan KUR

Kamis, 07 Desember 2023 - 13:56 WIB
Presiden Jokowi didampingi Dirut BRI Sunarso dalam rangkaian acara Opening Ceremony BRILianpreneur di JCC Senayan Jakarta, Kamis (7/12/2023). FOTO/dok.SINDOnews
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengapresiasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI). Penyaluran KUR terbesar dilakukan oleh BRI.

"Kita liat penyaluran kredit perbankan ke UMKM baru 21% dan yang paling gede di BRI mencapai 83%," kata Jokowi saat sambutan di Opening Ceremony BRILianpreneur di JCC Senayan Jakarta, Kamis (7/12/2023).



Jokowi mendorong agar bank-bank yang lain mengikuti jejak BRI. Pasalnya bank-bank lain masih memiliki peluang yang cukup besar.

"Di China itu 65%, gede banget, di Jepang 65%, di India 50%, sehingga pak menteri BUMN mungkin nanti dengan BRI dan OJK ini terus bisa diperbaiki, karena tidak semua UMKM kita itu memiliki aset agunan," jelas Jokowi.



Jokowi menyebut 61% produk domestik bruto (PDB) ekonomi Indonesia didukung oleh UMKM. Di mana, sebesar 97% UMKM itu berkaitan dengan penyerapan tenaga kerja.

"Ini yang penting, saya sangat menghargai mengapresiasi BRILilianpreneur ini yang saya lihat di depan produk-produk yang ditampilkan sangat baik, kemasan juga saya liat bagus-bagus brandingnya juga bagus-bagus," katanya.



Di sisi lain, ekspor UMKM saat ini baru mencapai 15,7%. Jumlah itu masih di bawah Singapura sebesar 41% dan Thailand 29%.

"Ini yang jadi pekerjaan besar kita dan yang selalu saya dorong yang berkaitan dengan pembiayaan yang harus dipermudah," ujar Jokowi.
(nng)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More