5 Alasan Pentingnya Mandiri Teknologi dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi

Selasa, 30 Januari 2024 - 22:32 WIB
5 alasan pentingnya mandiri teknologi dalam meningkatkan ketahanan ekonomi. FOTO/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Pada era digital yang semakin maju, peran teknologi informasi dan komunikasi semakin krusial bagi ketahanan suatu negara. Di sisi lain, muncul tantangan yang begitu kompleks untuk mengelolanya, disebabkan jumlah populasi yang terus meningkat, akses informasi yang semakin mudah, hingga media sosial yang semakin memudahkan informasi simpang siur di jagad maya.

Terkait hal tersebut, kemandirian negara dalam mengadopsi teknologi menjadi hal penting untuk memastikan bahwa negara tetap memiliki kontrol penuh terhadap sistem teknologi dan keamanan informasi dan tentunya terhadap informasi dan data warga negara termasuk institusi didalamnya.



Skandal suap perusahaan ERP kelas dunia Jerman SAP yang pertama kali diungkap pada pengadilan Amerika Serikat, dapat menjadi contoh betapa mengerikannya persaingan bisnis tingkat dunia sehingga terjadi perilaku bermoral rendah seperti itu terjadi, dan ternyata juga dilakukan oleh perusahaan global kelas dunia sekelas SAP.

Menyikapi peristiwa tersebut, alangkah baiknya memiliki penguasaan yang mumpuni terhadap teknologi informasi berikut implementasinya.



"Kemandirian kita dalam mengadopsi teknologi informasi adalah hak mutlak agar kita benar-benar memiliki kedaulatan, tidak lagi menjadi pelanduk yang terantuk-antuk di tengah persaingan dua gajah," kata pakar teknologi dan keamanan Julyanto Sutandang merespons isu ini, Selasa (30/1/2024).



Berikut 5 alasan mengapa kemandirian dalam mengadopsi teknologi penting dilakukan.

1. Ketahanan ekonomi
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More