Profil Pabrik Ban Hung-A Cikarang yang Viral Karena PHK Ribuan Karyawan

Rabu, 31 Januari 2024 - 17:03 WIB
PT Hung-A Indonesia menutup operasi dan mem-PHK ribuan karyawannya. FOTO/Instagram Info_Karawang
JAKARTA - Kabar setop operasinya pabrik ban Hung-A di Cikarang, Bekasi, belum lama ini mencuri perhatian banyak pihak. Pasalnya, tutupnya pabrik ban tersbeut mengakibatkan terjadinya pemutusan hubungan kerja ( PHK ) besar-besaran ribuan karyawannya.

Informasi dari Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPL FSPMI) Kabupaten/Kota Bekasi menyebutkan, sekitar 1.500 karyawan harus kehilangan pekerjaannya akibat PHK yang dilakukan pabrik ban asal Korea tersebut.



Penutupan pabrik ban ini disebut karena PT Hung-A Indonesia tak mampu menghadapi ketidakpastian kebijakan Indonesia terkait importasi. Keputusan izin mengimpor untuk PT Hung-A disebut tak kunjung diberikan. Karena tak adanya kejelasan inilah, PT Hung-A memutuskan hengkang dari Indonesia.

Profil Pabrik Ban Hung-A Cikarang

Menurut Informasi dari laman resminya, PT Hung-A Indonesia telah didirikan sejak tahun 1991 dengan fokus utama memproduksi berbagai jenis produk ban.



Pabrik Ban Hung-A telah mengekspor lebih dari 70% seluruh produksinya ke Eropa dan telah mengirimkan produknya ke Dunlop, yang merupakan perusahaan pencetus ban di Indonesia.

PT Hung-A Indonesia berkolaborasi dengan beberapa perusahaan Indonesia untuk memastikan pangsa pasar dan membuktikan kualitas terbaik serta mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

Khususnya, dalam kategori ban kelas atas untuk sepeda gunung (MTB), perusahaan ini sukses mempertahankan posisi teratas dalam penjualan di Jerman.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More