Profil Mayjen TNI (Purn) Glenny Kairupan, Orang Dekat Prabowo yang Jadi Komisaris Garuda

Kamis, 15 Agustus 2024 - 21:27 WIB
Nama Glenny Kairupan mencuat setelah ditunjuk sebagai Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dalam RUPSLB yang kabarnya merupakan teman dekat Prabowo. Foto/Dok
JAKARTA - Nama Glenny Kairupan mencuat setelah dirinya ditunjuk sebagai Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis (15/8/2024).



Sosok Perwira Tinggi Purnawirawan itu selain moncer dalam dunia militer juga dikenal sebagai kawan baik Presiden Terpilih, Prabowo Subianto. Berikut profilnya dirangkum dari berbagai sumber.



Mayor Jenderal TNI (Purn) Glenny Kairupan lahir di Manado pada 11 Februari 1949. Diketahui bahwa ia merupakan anak dari seorang PNS dan keluarganya pernah tinggal di Petojo, Jakarta.

Sempat juga bertetangga dengan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jendera TNI (Purn) AM Hendropriyono membuat Glenny terinspirasi dan semakin bertekad untuk terjun ke dunia militer.



Ia pun masuk Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1970, di mana teman seangkatannya adalah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Prabowo Subianto, dan Ryamizard Ryacudu.

Dalam karier militernya, Glenny Kairupan mengantongi sertifikat CPL (Commercial Pilot License) dan PPL (Private Pilot License). Ia menjadi pilot TNI AD yang kerap dikirim ke wilayah konflik, termasuk Timor Timur.

Di Timor Timur ia menjabat sebagai Wakil Danrem Timtim. Glenny juga pernah mendapat posisi sebagai Danrem 073 Makutaram Salatiga, Asisten Atase Pertahanan di Filipina, Danden Intel Kostrad, serta Assintel Divisi 1 Kostrad.

Karier militernya semakin moncer saat dirjnya didapuk sebagai Staff Teritorial Angkatan Darat hingga Staff Intelijen di Badan Penegakan Keamanan dan Sistem Hukum (Crisis Center) Departemen Pertahanan Keamanan selama masa krisis 1998.

Pada 1999, ia ditetapkan sebagai Penasehat Keamanan pada Satgas P3TT (Pelaksana Penentuan Pendapat di Timor Timur) yang membantu UNAMET (United Nations Mission in East Timor).

Pasca pensiun dari dunia militer, Glenny bergabung dengan Gerindra, partai yang dimiliki salah satu sahabatnya, Prabowo Subianto. Posisinya ketika itu ialah anggota Dewan Pembina. Ia juga masuk dalam struktur Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi selama Pilpres 2019 sebagai Direktur Penggalangan.
(akr)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More