Sambut MotoGP Mandalika, Pertamina Patra Niaga Genjot Stok BBM 5 Kali Lipat

Sabtu, 21 September 2024 - 16:16 WIB
Sukseskan MotoGP Mandalika, Pertamina Patra Niaga menambah stok BBM di wilayah Lombok dan sekitarnya hingga 5 kali lipat rata-rata konsumsi normal. FOTO/Ilustrasi
JAKARTA - Balap MotoGP akan kembali digelar di Pertamina Mandalika International Circuit pada 27-29 September 2024 mendatang. Mengantisipasi membeludaknya penonton dan wisatawan, Pertamina Patra Niaga menambah stok bahan bakar minyak ( BBM ) di wilayah Lombok dan sekitarnya hingga 5 kali lipat rata-rata konsumsi normal.

"Semua sarana fasilitas di supply point tersebut dalam kondisi prima. Untuk kebutuhan BBM di Lombok akan disuplai dari Integrated Terminal Ampenan dengan total kapasitas terminalnya sebesar 40.034 kiloliter (kl). Kita jaga ketahanan stoknya hingga 5kali lipat konsumsi normal untuk semua produk BBM,"ungkapCorporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansarimelalui keterangan resmi, Sabtu (21/9/2024).





Heppy menegaskan, Pertamina Patra Niaga menjamin pasokan energi selama gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 mendatang dalam keadaan aman. Selain dari Integrated Terminal Ampenan, BBM di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) juga disuplai dari Terminal BBM Bima dan Badas di Sumbawa. "Kami juga bahkan menyiapkan modular Pertashop di dalam sirkuit dengan produk Pertamax Turbo yang dapat digunakan untuk operasional penyelenggara maupun operasional team MotoGP,"imbuhnya.

Tidak hanya BBM, Pertamina Patra Niaga juga menjamin stok avtur dalam kondisi aman. Untuk avtur,Heppy mengatakan, akan disuplai daridua Terminal BBM Aviasi, yaitu di Bandara International Lombok (BIL) dan Salahudin. Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Aji Anom Purwasakti menambahkan, selama 10 hari dari 22 September-1 Oktober 2024 permintaan avtur diproyeksi mengalami kenaikan lebih dari 76% atau sebesar 176 kl dari normal harian 100 kl.

Kenaikan konsumsi avtur tersebut dikarenakan terdapat tambahan penerbangan baik kargo maupun penumpang.

Untuk itu, kata Aji, Pertamina Patra Niaga memastikan suplai avtur tercukupi dengan menyiapkan tambahan stok guna mengantisipasi kenaikan konsumsi selama perhelatan balap motor tersebut berlangsung. "Kami melakukan antisipasi dengan menambah stok sebesar 150%,"jelasnya.



Sedangkan untuk BBM transportasi darat, lanjutAji, Pertamina akan melakukan build up stok BBM sebanyak 60% lebih di SPBU. Menurut dia, untuk BBM transportasi darat, terdapat proyeksi peningkatan konsumsi sebesar 26% atau sebesar 2.561 kl dari rata-rata normal harian sebesar 2.033 kl.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More