Pertamina SMEXPO Bandar Lampung Cetak Transaksi Rp270 Juta Lebih

Selasa, 24 September 2024 - 06:10 WIB
Para pengunjung memadati stan-stan UMKM di Pertamina SMEXPO Bandar Lampung pada 20-22 September di Mall Boemi Kedaton, Bandar Lampung. FOTO/Dok/Ist
JAKARTA - Guna mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) sebagai penggerak perekonomian lokal dan nasional, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel menggelar Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 Bandar Lampung.

Dalam acara yang digelar pada 20-22 September di Mall Boemi Kedaton, Bandar Lampung tersebut, ditampilkan pameran produk dari 35 UMKM unggulan dengan produk-produk inovatif dari berbagai sektor, juga kuliner khas dari berbagai daerah di wilayah Sumbagsel. Kemudian, di gelar pula talkshow, workshop, dan perlombaan, serta penampilan dari sejumlah musisi nasional.





Acara ini sukses menarik perhatian warga Bandar Lampung, yang memanfaatkan akhir pekan untuk menikmati kuliner dan berbelanja produk fashion serta kerajinan dari UMKM binaan Pertamina. Selama 3 hari penyelenggaraan pameran tersebut, UMKM-UMKM binaan Pertamina mencatat penjualan lebih dari Rp270 juta. Hal ini menunjukkan potensi besar UMKM dalam mendongkrak perekonomian daerah, terutama di wilayah Sumbagsel.

"Kami sangat mengapresiasi antusiasme warga dan partisipasi UMKM yang begitu besar dalam acara ini. Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 tidak hanya menjadi wadah bagi UMKM untuk mempromosikan produk, tetapi juga menunjukkan komitmen Pertamina dalam mendukung ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM," ungkap Area Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan melalui keterangan tertulis, Senin (23/9/2024).



Melalui acara ini, kata dia, Pertamina menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM yang menjadi penggerak perekonomian lokal dan nasional. Pertamina juga berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s).

"Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina," tandasnya.

Di bagian lain, UMKM peserta juga mengapresiasi penyelenggaraan SMEXPO Bandar Lampung 2024. Salah satunya, pemilik Keripik Nuha UMKM binaan Pertamina, Nurhasanah, yang menyebutkan bahwa keikutsertaanya dalam pameran ini sukses mendongkrak pendapatan usahanya lebih dari Rp100 juta.

"Melalui SMEXPO Bandar Lampung 2024, Pertamina tidak hanya membantu kami dalam pemasaran produk, tapi juga memberikan peluang besar untuk berkembang. Diharapkan, SMEXPO akan terus diadakan di masa mendatang sehingga dapat menjadi pendongkrak perkembangan UMKM di Indonesia," tuturnya.
(fjo)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More