Perluas Jangkauan, CKB Logistics Buka Kantor Baru di Pontianak

Rabu, 25 September 2024 - 13:45 WIB
Mendukung geliat industri tambang di Kalimantan Barat, PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) membuka kantor baru di Pontianak. FOTO/Dok.
JAKARTA - Perusahaan logistik PT Cipta Krida Bahari ( CKB Logistics ) membidik kawasan Kalimantan guna mendukung industri pertambangan Indonesia, khususnya Kalimantan Barat (Kalbar). Melalui pembukaan kantor baru di Pontianak, Kalbar, anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABMM) tersebut dapat menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga mampu mendongkrak pertumbuhan ekspor bauksit Indonesia.

Langkah yang diambil perusahaan sejalan dengan kebutuhan logistik terintegrasi bagi perusahaan tambang bauksit dan produsen aluminium di kawasan tersebut. Wilayah Kalimantan Barat, seperti Kabupaten Melawi, Sambas, Kapuas Halus, hingga Mempawah, menjadi salah satu penghasil bauksit di dalam negeri. Tak hanya bauksit, Kalimantan Barat juga menghasilkan intan, aluminium, nikel, bijih besi, hingga emas.





Mengacu pada data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2024, kebutuhan aluminium dalam negeri kini mencapai 1,2 juta ton per tahun. Di mana, pada 2023, 50 persen pasokan masih berasal dari impor dan 44% dari perusahaan dalam negeri.

Sepanjang 2023, Indonesia mengekspor aluminium senilai USD692,5 juta atau sekitar Rp10,38 triliun (kurs Rp15.000 per USD) ke beberapa negara seperti China, Vietnam, India, Jepang, serta Thailand.

"Kami menyasar wilayah ini karena sebelumnya fasilitas CKB Logistics pun lebih dulu telah beroperasi di Pontianak, sehingga kami berharap Grup ABM khususnya CKB Logistics dapat memperluas jangkauan bisnis sekaligus menciptakan peluang baru yang dapat menarik pelanggan lebih luas," ujar Business Director Logistics & Distribution CKB Logistics Ety Puspitasari melalui keterangan pers, Rabu (25/9/2024).



Lebih lanjut Ety menegaskan, sebagai perusahaan logistik yang memberikan solusi one stop service, kini jaringan operasional CKB Logistics kian merata. Peresmian kantor baru di Pontianak menambah cakupan operasional perusahaan setelah sebelumnya terkoordinasi di Batam, Riau, Jambi, Makassar, hingga beberapa daerah di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Ety berharap, ke depan perusahaan dapat meningkatkan pertumbuhan dan menciptakan bisnis yang merata. "Dengan dibukanya fasilitas kantor baru di Pontianak, kami berkomitmen mendukung kebutuhan logistik terintegrasi bagi perusahaan tambang bauksit dan produsen aluminium di Kalimantan Barat. Langkah ini pun sekaligus memperkuat jaringan bisnis CKB Logistics dalam menyediakan solusi logistik yang efisien dan tepat waktu," tandasnya.

Selama 27 tahun beroperasi, imbuh dia, CKB Logistics turut agresif melebarkan sayap bisnisnya dalam mendukung program pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, khususnya di bidang pertambangan. Perusahaan berkomitmen menyediakan solusi rantai pasok untuk seluruh aspek industri pertambangan, dari pengiriman alat berat, manajemen pelabuhan, transportasi bahan baku, hingga produk industri yang memerlukan penanganan khusus.
(fjo)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More