Peluncuran Buku 100 Orang Koperasi Indonesia, Ferry Juliantono Terima Penghargaan

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 13:48 WIB
Wakil Ketua Umum Dekopin Ferry Juliantono menerima penghargaan pada acara peluncuran dan bedah buku Apa dan Siapa 100 Orang Koperasi Indonesia di Jakarta, Kamis (10/10/2024). Foto/Dok. SINDOnews
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Ferry Juliantono menerima penghargaan pada acara peluncuran dan bedah buku "Apa dan Siapa 100 Orang Koperasi Indonesia di Jakarta, Kamis (10/10/2024). Buku yang ditulis Irsyad Muchtar ini mengangkat profil 100 tokoh koperasi Indonesia, termasuk Ferry Juliantono, atas dedikasi dan pengalamannya dalam memajukan koperasi di Tanah Air.

Buku setebal 224 halaman tersebut menggambarkan kisah para pemimpin koperasi yang telah berhasil memajukan lembaga koperasi di tengah dinamika sosio-ekonomi politik Indonesia. ”Buku ini mendokumentasikan perjuangan tokoh-tokoh koperasi dalam menghadapi tantangan zaman, membuktikan bahwa koperasi yang dikelola dengan baik mampu bersaing dengan usaha skala besar,” kata Irsyad.

Ferry Juliantono sendiri merupakan salah satu tokoh yang diakui berkat kontribusinya dalam memperkuat koperasi dan ekonomi kerakyatan. Sebagai politisi dan pengurus organisasi koperasi, ia pernah menduduki berbagai posisi strategis, termasuk Sekretaris Dewan Pembina Induk KUD (Inkud), Wakil Ketua Umum Dekopin, dan Ketua Dekopinwil DKI Jakarta. Dedikasinya terlihat dalam upayanya membangkitkan Inkud sebagai koperasi milik para petani.



Acara peluncuran buku tersebut juga diiringi dengan pemberian penghargaan kepada tokoh-tokoh koperasi yang dinilai telah berjasa dalam memajukan ekonomi berbasis gotong royong. Menurut Irsyad, penghargaan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terus relevan di tengah perubahan ekonomi global yang semakin didominasi oleh modal besar dan teknologi.

Melalui buku ini, Irsyad juga menyoroti pentingnya pengembangan koperasi yang lebih kuat dan progresif. "Kami berharap peluncuran buku ini menjadi ventilasi di tengah pekatnya sistem kapitalisme yang makin menjauhkan cita-cita Founding Fathers untuk kesejahteraan rakyat," tambahnya. Baca juga: Bedah Buku Misteri Mimpi, Ungkap Makna Bunga Tidur dari Perspektif Psikologi dan Budaya

Nama-nama besar dalam koperasi Indonesia, seperti Prof Sri Edi Swasono, Romanus Woga, dan Ferry Juliantono, turut diulas dalam buku ini, Menggambarkan perjuangan mereka dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui koperasi.
(poe)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More