Dorong Pertumbuhan UMKM Sektor Kriya, Kementerian BUMN Gelar BerKRIYAsi di Jakarta dan Makassar

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 13:03 WIB
Dalam rangka mendukung perluasan akses pasar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Kementerian BUMN kembali menghadirkan Bazar UMKM untuk Indonesia.
JAKARTA - Dalam rangka mendukung perluasan akses pasar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM, Kementerian BUMN kembali menghadirkan Bazar UMKM untuk Indonesia. Pada Oktober 2024, Kementerian BUMN mengusung Bazar UMKM untuk Indonesia

bertajuk BerKRIYAsi, yang bertujuan memberikan kesempatan kepada UMKM di sektor kriya untuk memasarkan dan meningkatkan penjualan produknya.

Selain itu, kegiatan BerKRIYAsi juga menjadi upaya untuk turut melestarikan tradisi dan seni kerajinan tangan asli Indonesia melalui produk-produk kerajinan tangan dengan sentuhan etnik yang inspiratif.



Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Sarinah Jakarta pada 17-20 Oktober 2024 dan Trans Studio Mall Makassar, 24-27 Oktober 2024 ini, didukung oleh enam BUMN Penyelenggara, yaitu Pegadaian, Bank BTN, Perusahaan Gas Negara, SIG, Angkasa Pura Indonesia, dan Biro Klasifikasi Indonesia. BerKRIYAsi diikuti oleh sekitar 150 UMKM binaan BUMN, yang menampilkan berbagai ragam produk kriya unggulan. Di antaranya terdiri dari berbagai produk, utamanya kriya home decoration, aksesoris (wearables), serta berbagai produk kerajinan tangan yang inovatif dan kreatif lainnya.



Bazar produk UMKM BerKRIYAsi dibuka untuk umum sejak Kamis, 17 Oktober 2024 di Lantai Dasar Sarinah Jakarta. Opening Ceremony BerKriyasi dilangsungkan pada hari Jumat (18/10/2024), di Sarinah, Jakarta, oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting bersama pimpinan dari keenam BUMN Penyelenggara, Kepala

BPKP Bidang Akuntan Negara, Sally Salamah, serta Kepala Dinas PPUKM, Elisabeth Ratu Rante Allo.

Dalam sambutannya, Loto Srinaita Ginting menyampaikan bahwa pelaksanaan Bazar UMKM untuk Indonesia ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir serta Presiden Joko Widodo, bahwa BUMN perlu melibatkan UMKM di dalam pengadaan barang dan jasa di BUMN.

Sepanjang tahun 2024, Kementerian BUMN telah merencanakan 12 kegiatan Bazar UMKM untuk Indonesia secara tematik di 7 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Labuan Bajo. Sebagai rangkaian penutup, pada bulan November 2024 nanti, Bazar UMKM untuk Indonesia akan diselenggarakan di Labuan Bajo dan Jakarta.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More