Pacu Pemulihan Ekonomi dan Pariwisata, ICTM Siap Digelar

Kamis, 03 September 2020 - 11:35 WIB
ICTM akan diselenggarakan di lima kota, yaitu Jakarta, Bogor, Bali, Yogyakarta, dan Malang. Ajang ini digelar mulai pertengahan September sampai dengan akhir Desember 2020. Foto/Istimewa
JAKARTA - Dalam membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan PT Biztrips Teknologi Multimedia Solusi akan menyelenggarakan ajang Indonesia Corporate Travel and Mice (ICTM).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya menggerakkan kembali perekonomian dengan memanfaatkan kegiatan meeting, incentive, exhibition (MICE) domestik yang telah mulai aktif kembali. ICTM merupakan kegiatan business to business untuk corporate travel dan industri MICE di masa tatanan kenormalan baru serta akan diselenggarakan di lima kota, yaitu Jakarta, Bogor, Bali, Yogyakarta, dan Malang. Kegiatan ini sendiri akan digelar mulai pertengahan September hingga akhir Desember 2020. (Baca: Kepemimpinan KAMI Sudah Final, Struktur Anggota Segera Diumumkan)

Selain itu, ICTM akan bekerja sama juga dengan MNC Media sebagai media partner yang bertanggung jawab dalam melakukan peliputan, produksi, dan publikasi sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan ICTM berlangsung.

Ada lima program utama dalam ICTM, antara lain talkshow, seller workshop, buyers meet sellers, buyers exchange forum, gala dinner, serta post tour. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf Rizki Handayani mengatakan, pada pelaksanaan tahun ini fokus utama ICTM akan lebih pada program business to business yang akan mempertemukan 30 buyers, yang merupakan korporat besar di Indonesia dengan 30 sellers yang juga penyedia jasa MICE di Indonesia.

"Kita berharap pelaksanaan ICTM tahun ini bisa menjadi salah satu motivasi positif pada industri MICE di Indonesia untuk tetap optimistis dan terus produktif di masa yang tidak menentu saat ini," ucap Rizki dalam Konferensi Pers ICTM 2020 di Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (1/9).



Menurutnya, pelaksanaan ICTM juga bisa menjadi ajang untuk membangun kapasitas dan kapabilitas stakeholders MICE yang terlibat dengan saling berdiskusi dan meningkatkan networking untuk mendapatkan masukan baru. "Sehingga bisa saling berkolaborasi dan menjadikan sektor MICE kembali bangkit dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi MICE, yang aman, nyaman, dan memiliki value proposition yang dapat memenangkan persaingan di dunia internasional," kata Rizki. (Baca juga: Pesta Gay di Kuningan Jakarta Digerebek, Puluhan Pria Diamankan Polisi)

Founder & Event Director ICTM 2020, Johanes Chang menuturkan, dukungan dan kerja sama dari pihak Kemenparekraf dan MNC Media selaku official media partner di Indonesia sangatlah penting dan berarti untuk platform dan program, juga bagi seluruh rekan di Industri ini.

"Besar harapan kami agar ICTM 2020 dapat menjadi paltform yang baik bagi semua key stakeholders untuk saling terhubung, saling berbagi, saling belajar, dan saling mendukung pertumbuhan bisnis, serta bersama-sama mengakselerasi kembalinya pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata Indonesia," kata Johanes.

Sementara itu, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution menambahkan, ICTM merupakan kegiatan yang sangat baik sekali dari Kemenparekraf. Oleh karena itu, MNC Media akan membantu melalui kegiatan CSR. (Lihat videonya: Lonjakan Pasien Corona di RSUP Persahabatan Jakarta Timur)

"Sebagaimana diketahui, MNC memiliki banyak unit yang bergerak di bidang media mulai dari televisi, radio, portal, hingga koran, ini akan kita manfaatkan untuk mempromosikan dan memberitakan kegiatan ICTM melalui program layanan masyarakat kita," ungkap Syafril.

Ia mengatakan, kegiatan seperti ini perlu ada pemberitaan dan perlu ditayangkan melalui televisi demi mendukung kelancaran serta kesuksesan ICTM 2020. "Kami tidak memiliki target yang spesifik dalam kegiatan ini, fokus kami lebih pada CSR ataupun untuk mendorong agar acara ini sukses," kata Syafril. (Iman Firmansyah)
(ysw)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More