Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2020, BI: Bisa di Bawah 2,3%

Rabu, 06 Mei 2020 - 13:46 WIB
Bank Indonesia (BI) dipaksa untuk memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 yakni bisa jadi di bawah 2,3%. Foto/Dok
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) dipaksa untuk memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 yakni bisa jadi di bawah 2,3%. Revisi angka itu terjadi setelah realisasi kuartal I tahun ini hanya 2,97%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, realisasi pertumbuhan ekonomi pada Januari hingga Maret 2020 menunjukkan dampak corona yang ternyata terjadi lebih cepat. "Semula (prediksi tahun 2020) 2,3%, ya tentu akan lebih rendah dari 2,3 dengan realisasi kuartal I yang ternyata lebih rendah,” ujar Perry Warjiyo dalam media briefing secara online, Rabu (6/5/2020).

Meski begitu, Ia tetap berkeyakinan ekonomi Indonesia akan terus terjaga. Utamanya, di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang membutuhkan berbagai kebijakan dan stimulus yang efektif.

"Stimulus fiskal dari pemerintah InsyaAllah akan mengurangi dampak itu. Termasuk kebijakan restrukturisasi dunia usaha, pemulihan ekonomi. Sementara bank sentral akan menggelontorkan stimulus moneter sehingga perekonomian Indonesia ke depannya bisa lebih baik," tandasnya.

Sementara itu, data BPS nyatanya menunjukkan fakta lain dimana konsumsi hanya tumbuh 2,8%. Investasi yang diukur dari Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) pun tertahan di angka 1,7%.
(akr)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More