Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Minggu, 18 Oktober 2020 - 06:30 WIB
Berwisata dengan kapal pesiar adalah salah satu aktivitas wisata populer di dunia saat ini. Perputaran uang di pelabuhan kapal pesiar pun sangat besar untuk menambah devisa negara. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
BERWISATA dengan kapal pesiar adalah salah satu aktivitas wisata populer di dunia saat ini. Biasanya perjalanan dengan kapal pesiar akan transit dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain.

Pelabuhan yang menerima kapal pesiar lazim dilengkapi dengan fasilitas khusus untuk memastikan bahwa para penumpang kapal pesiar merasa nyaman. Pelabuhan kapal pesiar juga penting bagi perekonomian lokal karena memberikan peluang kerja bagi banyak orang dan menghasilkan devisa dari belanja wisatawan. (Baca juga: Gara-Gara Corona, Kapal-Kapal Pesiar 'Dikiloin' Jadi Besi Tua)

Dari banyak pelabuhan, berikut 10 pelabuhan kapal pesiar tersibuk di dunia. (Baca juga: 7 Jalur Transportasi Laut Paling Penting di Dunia)

1. Pelabuhan Miami (Amerika Serikat)





Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 4,9 juta

Terletak di Biscayne Bay di Miami, Florida, Amerika Serikat (AS), Pelabuhan Miami adalah pelabuhan kapal pesiar tersibuk di dunia. Pelabuhan ini juga dilengkapi Port Boulevard, jalan lintas yang menghubungkan pelabuhan ke Pusat Kota Miami. Itu juga terhubung ke Pulau Watson melalui Terowongan PortMiami.

Karena volume lalu lintas yang besar, baik penumpang maupun kargo, PortMiami memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian Miami. Itu juga menyumbang 176.000 pekerjaan. Terminal kapal pesiar Pelabuhan Miami termasuk yang paling modern di dunia. (Baca juga: Di Inter Miami, Gonzalo Higuain Siap Bungkam para Peragu)

2. Pelabuhan Canaveral (AS)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More