Kiat Memulai Usaha, Pilih Bisnis yang Memberi Solusi

Rabu, 04 November 2020 - 17:40 WIB
Bisnis aquascape meningkat saat pandemi. Foto/SINDOphoto/Yorri Farli
JAKARTA - Membuka bisnis ternyata tidak semudah membalikan telapak tangan. Apalagi di tengah kondisi dan situasi saat ini, yang mana banyak bisnis baru bermunculan.

Hal ini membuat persaingan dalam dunia bisnis pun semakin ketat. Belum lagi harus berhadapan dengan perusahan-perusahaan besar yang sudah lebih dahulu muncul. Sedangkan 'kue' yang tersedia semakin mengecil karena sudah lebih dahulu dimakan oleh para pemain yang sudah lebih dahulu ada. Lantas bagaimana cara mengatasi agar bisnis tetap bisa menarik konsumen?

Head of Agency Tokopedia Garth Parlimbangan mengatakan, dalam menghadapi era persaingan bisnis yang ketat saat ini janganlah fokus pada kompetisi tersebut.



( )

Maksudnya, untuk meraup atau meraih pasar, langkah penting yang harus dilakukan adalah dengan fokus pada model bisnis perusahaan sendiri. "Jadi kalau buat kita sih enggak banyak fokus pada kompetisi itu," ujarnya dalam Webinar Series MNC Fest, Selasa (3/11/2020).

Selain itu, lanjut Garth, hal terpenting yang perlu dilakukan adalah dengan cara mencari solusi untuk mengatasi masalah. Sehingga, perusahaan pun bisa terus memperbaiki kekurangan yang menjadi keluhan dari konsumen.

"Jadi selama ini baik itu dari kita di tim yang melakukan eksekusi sampai pesan yang disampaikan pihak manajemen, selalu mengatasi masalah," jelasnya.

( )

Dia menyontohkan, ketika pandemi virus corona (covid-19) ini berlangsung, perusahaan harus memikirkan apa yang bisa diberikan kepada customer dan bukannya melihat aktivitas dari para pesaingnya secara terus menerus.

"Sekarang ini kan lagi ada pandemi. Nah, apa yang bisa kita berikan dan apa yang bisa kita lakukan untuk membantu menjawab tantangan yang sedang dihadapi customer saat ini," jelasnya.
(ind)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More