Kang Emil Antisipasi Krisis Pangan, Jangan Ada Lagi Petani Sulit dapat Pinjaman Bank

Jum'at, 11 Desember 2020 - 01:14 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) meminta perbankan ikut terlibat mengantisipasi terjadinya kritis pangan dengan lebih ekspansif menyalurkan pembiayaan sektor pertanian. Foto/Dok
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) meminta perbankan ikut terlibat mengantisipasi terjadinya krisis pangan dengan lebih ekspansif menyalurkan pembiayaan sektor pertanian. Langkah tersebut diharapkan mendorong produktivitas sektor pertanian di Jabar.

Menurut dia, produktivitas sektor pertanian khususnya Jawa Barat masih rendah. Ini terlihat dari masih bergantungnya Indonesia terhadap produk pertanian impor. Sementara, bukan tidak mungkin pada tahun depan Jawa Barat akan krisis pangan akibat dikuranginya volume ekspor pangan dari sejumlah negara seperti Vietnam.

"Perbankan harus mendukung penuh revolusi pangan," kata Emil saat meluncurkan West Java Food & Agriculture Summit 2020 yang digelar Bank Indonesia di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Kamis (10/12).

(Baca Juga: RI Terancam Kelaparan, Ekonom: No Way! )

Emil meminta perbankan agar lebih aktif turun ke kawasan pertanian untuk memberi pinjaman modal bagi petani. Jangan ada lagi, kata dia, petani sulit untuk mendapat pinjaman modal dari perbankan.



Sehingga tambah dia, tidak mengherankan jika petani menjadi sasaran empuk para rentenir. "Padahal bagi mereka besaran bunga enggak masalah. Yang jadi masalah kemudahan aksesnya," kata dia.

Menurut dia, rendahnya produktivitas pangan di Jabar salah satunya karena semakin sedikitnya jumlah petani. Menurut dia, saat ini 75% petani sudah berusia di atas 45 tahun. Sementara anak-anak muda tidak ingin menjadi petani.

Oleh karenanya, pihaknya menggagas program 1.000 petani milenial untuk menumbuhkan minat bertani di kalangan anak muda. Nantinya, petani muda akan diberi lahan untuk digarap menjadi kawasan pertanian. Lahan yang tidak terpakai milik pemda, akan dipinjamkan kepada petani milenial 1 hektare per orang

Sementara itu, Kepala Kantor Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto mengatakan, potensi krisis pangan global meningkat akibat perubahan kondisi makroekonomi, lingkungan, energi, harga input, serta harga pasar. Kondisi itu mempengaruhi jumlah produksi pangan global, ditambah dengan kendala distribusi akibat kebijakan pembatasan dalam rangka pengendalian pandemi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More