UMKM dan Usaha Besar Bergandengan Tangan, Ini Harapan Jokowi

Senin, 18 Januari 2021 - 11:01 WIB
Presiden Jokowi membeberkan harapan-harapannya atas kerja sama antara UMKM dan perusahaan besar. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Hari ini, sebanyak 59 usaha besar dan 196 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) telah melakukan penandatanganan kerja sama dalam rangka kemitraan penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) dengan senilai Rp1,5 triliun.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa UU Cipta Kerja telah diundangkan.

"Peraturan turunannya akan segera diterbitkan, ada yang sudah selesai, dan yang lainnya akan segera menyusul untuk terus meningkatkan kemudahan berusaha," ujar Jokowi secara virtual di Jakarta, Senin(18/1/2021).



Dia menyebutkan, kemitraan strategis antarperusahaan besar dan UMKM akan terus dikembangkan dengan prinsip saling menguntungkan dan meningkatkan daya saing di pasar global.



"Kemitraan UKM, UMKM, dan usaha besar sangatlah penting, agar UMKM kita bisa masuk dalam rantai produksi global. Agar meningkatkan peluang UMKM kita bisa naik kelas, yang mikro naik kelas ke kecil, yang kecil naik ke menengah, dan menengah kita harapkan naik ke besar," jelas Jokowi.

Dia juga berharap kerja sama ini juga bisa menaikkan kualitas usaha UMKM menjadi lebih kompetitif. Dalam artian, kualitas produknya lebih baik, desainnya lebih baik, manajemennya lebih baik, dan lebih bankable.

"Karena bisa belajar dari perusahaan-perusahaan besar, baik dari dalam negeri maupun asing menuju sebuah pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan merata, tujuannya ke sana," ungkap Jokowi.

Pada kesempatan ini, Jokowi mengajak semua pihak untuk menjamin agar kontrak kerja ini benar-benar memberikan kontribusi signifikan bagi ekonomi inklusif.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More