Akhir Juli, Cabai Rawit Masih Juara Penyumbang Inflasi

Jum'at, 30 Juli 2021 - 17:07 WIB
Foto/ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu V Juli 2021, perkembangan harga pada Juli 2021 masih relatif terkendali dan diperkirakan inflasi sebesar 0,01% (mtm). Direktur Eksekutif Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono mengatakan, perkiraan inflasi Juli 2021 secara tahun kalender sebesar 0,75% (ytd), dan secara tahunan sebesar 1,45% (yoy).

Baca juga:Kuburan Raksasa Berisi Alien Ditemukan di Tambang Batu Kapur Inggris

Rinciannya, penyumbang utama inflasi Juli 2021 sampai dengan minggu kelima, yaitu komoditas cabai rawit sebesar 0,03% (mtm), tomat dan bawang merah masing-masing sebesar 0,02% (mtm), kangkung, bayam, kacang panjang dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01% (mtm).

"Sementara itu, beberapa komoditas mengalami deflasi, antara lain daging ayam ras sebesar 0,09% (mtm), telur ayam ras, emas perhiasan dan jeruk masing-masing sebesar 0,02% (mtm). Beras dan tarif angkutan udara deflasi sebesar 0,01% (mtm)," kata Erwin di Jakarta, Jumat (30/7/2021).

Baca juga:Padangsidimpuan Gempar, Video Penganiaan Remaja Putri Viral



Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu. Juga memperkuat langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.
(uka)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More