Kapan Waktu Tepat Gunakan Dana Darurat? MotionBanking Berikan 3 Saran Bijak Ini

Rabu, 27 Oktober 2021 - 08:30 WIB
Dana darurat merupakan salah satu faktor esensial dalam mengelola keuangan Anda. Foto/MNC Media
JAKARTA - Dana darurat merupakan salah satu faktor esensial dalam mengelola keuangan Anda. Biasanya, pada awal-awal menabung , Anda disiplin terhadap dana darurat Anda. Namun seiring dengan berjalannya waktu, dana darurat tersebut bertambah besar dan Anda menjadi tergiur menggunakannya untuk pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya impulsif.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui kapan seharusnya dana darurat itu digunakan. MotionBanking memberikan tips yang bisa membantu Anda menggunakan dana darurat dengan bijak.



1. Saat Kecelakaan

Walaupun Anda sudah berkendara dengan baik dan hati-hati, orang lain belum tentu. Alangkah lebih baik jika Anda memiliki dana darurat untuk menutup keadaan yang tidak terduga seperti kecelakaan.



2. Ketika Diberhentikan dari Pekerjaan

Dengan situasi pandemi yang tanpa kepastian, tidak ada yang tahu kapan Anda akan diberhentikan dari pekerjaan saat ini. Walaupun semuanya penuh dengan ketidakpastian, ada satu hal yang pasti yaitu Anda tetap perlu mengeluarkan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda mulai membuat dana darurat dari sekarang. Pandemi Covid-19 mengajarkan pentingnya Anda menyediakan dana darurat, khususnya jika sewaktu-waktu Anda diberhentikan di tempat Anda bekerja. Dengan adanya dana darurat, Anda masih bisa ‘bernapas’ setelah diberhentikan sambil mencari peluang baru.

3. Saat Smartphone Rusak
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More