Deretan Miliarder Kripto Terkaya di Dunia, No 1 Punya Harta Rp930 Triliun

Kamis, 14 April 2022 - 05:51 WIB
Dia diperkirakan memiliki sekitar seperempat dari perusahaan induk Upbit, Dunamu, yang bernilai USD17 miliar November lalu ketika Hybe, agensi di belakang sensasi K-pop BTS membeli 2,5% saham. Qualcomm, raksasa semikonduktor AS sebelumnya memegang 6% dari Dunamu.

9. Barry Silbert

Kekayaan Bersih: USD3,2 miliar

Sumber Kekayaan: Grup Mata Uang Digital

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Pendiri grup investasi Digital Currency Group, Silbert telah membangun konglomerat kripto yang terdiversifikasi. Perusahaan investasinya mengendalikan Grayscale, yang mengelola sekitar USD28 miliar aset kripto, serta CoinDesk, perusahaan berita dan event kripto populer.



Melalui banyak anak perusahaan, DCG Silbert telah berinvestasi di lebih dari 200 startup kripto. Sebelum kripto, Silbert adalah seorang bankir investasi dan pengusaha yang menjual platform perdagangan saham Second Market ke Nasdaq pada tahun 2015 dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

10. Jed McCaleb

Kekayaan Bersih: USD2,5 miliar

Sumber Kekayaan: Ripple, Stellar

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

McCaleb menghasilkan sebagian besar kekayaannya dari Ripple Labs dan XRP, proyek cryptocurrency yang fokus pada pembayaran yang ia dirikan pada tahun 2012. Kemudian McCaleb meninggalkan proyek itu pada tahun 2013 setelah berselisih dengan Larsen dan anggota tim lainnya.

Sejak saat itu, McCaleb telah menjual sebagian besar XRP-nya secara berkala, mengikuti perjanjian pemisahan 2014 yang dia buat dengan Ripple Labs. Dia adalah pendiri dan chief technology officer cryptocurrency Stellar.

11. Nikil Viswanathan dan Joseph Lau

Kekayaan Bersih: USD2,4 miliar untuk masing-masing

Sumber Kekayaan: Alkimia

Kewarganegaraan: Amerika Serikat (keduanya)

Salah satu pendiri blockchain decacorn Alchemy, Viswanathan dan Lau pertama kali bertemu pada tahun 2011 di Stanford saat menjabat sebagai TAs untuk kelas ilmu komputer. Mereka telah membangun lebih dari 10 produk bersama-sama.

Produk pertama mereka yang menjadi hits yakni, aplikasi pertemuan Down To Lunch, secara singkat ini merupakan aplikasi jejaring sosial teratas Apple App Store pada bulan April 2016.

Setelah menemukan kripto, duo ini memulai Alchemy pada tahun 2017 sebagai toolkit untuk pengusaha dan pengembang blockchain. Saat ini, Alchemy adalah platform pengembangan terkemuka untuk aplikasi Web3, termasuk pembangkit tenaga listrik NFT OpenSea dan pertukaran terdesentralisasi Kyber.

Pada bulan Februari, perusahaan mengumpulkan USD200 juta dengan valuasi senilai USD10,2 miliar hanya kurang dari empat bulan setelah bernilai sebelumnya USD3,5 miliar dalam putaran penggalangan dana.

13. Devin Finzer dan Alex Atallah

Kekayaan Bersih: USD2,2 miliar

Sumber Kekayaan: OpenSea

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Startup blockchain 30-somethings mendirikan OpenSea, pemain awal di pasar NFT yang sedang booming. OpenSea berfungsi sebagai platform peer-to-peer bagi pengguna untuk membuat, membeli, dan menjual token yang tidak dapat dipertukarkan.

Pada tahun 2018, duo ini memasuki program akselerator Y Combinator dengan gagasan membayar orang-orang di kripto untuk berbagi hotspot Wi-Fi mereka. Setelah menemukan CryptoKitties – koleksi yang dikelola Ethereum yang menarik pengikut seperti kultus – mereka beralih ke gagasan pasar untuk NFT yang baru lahir, dimana popularitasnya meledak tahun lalu.

OpenSea mengumpulkan modal pada bulan Januari dengan valuasi USD13,3 miliar atau meningkat pesat dari USD1,5 miliar hanya dalam enam bulan sebelumnya. Finzer dan Atallah masing-masing memegang sekitar 18,5% saham di perusahaan.

15. Fred Ehrsam

Kekayaan Bersih: USD2.1 miliar

Sumber Kekayaan: Coinbase

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Salah satu pendiri Coinbase, Ehrsam sekarang menjalankan Paradigm, yang fokus investasinya terutama di perusahaan kripto dan token baru. Pada bulan Januari, Paradigm berinvestasi di Citadel Securities, salah satu pembuat pasar terbesar di pasar perdagangan ekuitas AS.

Ehrsam yang berusia 34 tahun meninggalkan Coinbase pada 2017, tetapi Ia tetap berada di dewan dan masih memegang 6% saham di perusahaan. Sebelum menemukan kripto, Ehrsam bekerja sebagai pedagang valuta asing di Goldman Sachs.

16. Kim Hyoung-nyon

Kekayaan Bersih: USD1,9 miliar

Sumber Kekayaan: Upbit

Kewarganegaraan: Korea Selatan

Wakil presiden eksekutif Dunamu Korea Selatan, Hyoung-nyon memiliki sekitar 13% dari platform pertukaran kripto terkemuka di Korea Selatan, yang ia dirikan satu dekade lalu dengan sesama miliarder crypto, Song Chi-hyung.

17. Michael Saylor

Kekayaan Bersih: USD1,6 miliar

Sumber Kekayaan: MicroStrategy

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Saylor telah mengubah MicroStrategy, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan pada tahun 1989, menjadi proxy Bitcoin. Pada tahun 2020 saja, MicroStrategy mengawasi pembelian penggemar crypto lebih dari 70.000 bitcoin dengan biaya sekitar USD1,1 miliar menggunakan cadangan tunai dan dana pinjaman.

Taruhan telah terbayar karena nilai Bitcoin telah melonjak. Saham MicroStrategy naik empat kali lipat dalam dua tahun terakhir, mengembalikan Saylor ke klub tiga koma. (Seorang miliarder era dot-com, Saylor yang berusia 57 tahun melihat kekayaannya anjlok selama kehancuran dot-com dan setelah skandal akuntansi.)

Pernah sangat tertarik pada Bitcoin, MicroStrategy Saylor mengumumkan pada akhir Maret bahwa mereka mengambil pinjaman USD205 juta untuk membeli lebih banyak cryptocurrency terkemuka.

18. Matius Roszak

Kekayaan Bersih: USD1,4 miliar

Sumber Kekayaan: Bitcoin, cryptocurrency lainnya

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Roszak mulai membeli Bitcoin pada tahun 2012 dan berpartisipasi dalam penawaran koin di awal-awal. Ia membeli token seperti Mastercoin, Factom dan Maidsafe pada tahun 2013.

Roszak juga telah berinvestasi di berbagai startup kripto, termasuk pertukaran populer Coinbase dan Kraken. Sebelum crypto, Roszak bekerja sebagai kapitalis ventura di perusahaan-perusahaan seperti SilkRoad Equity (di mana ia menyelesaikan biaya SEC dari insider trading) dan ekuitas swasta untuk Advent International di Inggris.

Roszak baru-baru ini memimpin inisiatif untuk memberi setiap anggota Kongres aset digital senilai USD50 dan Ia mengaku telah memberi Richard Branson dan Bill Clinton, bitcoin pertama mereka.

19. Tim Draper

Kekayaan Bersih: USD1,2 miliar

Sumber Kekayaan: Bitcoin, cryptocurrency lainnya

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Seorang kapitalis ventura, Draper pertama kali berinvestasi di Bitcoin pada tahun 2012. Dua tahun kemudian, pada tahun 2014, ia membeli 29.656 bitcoin seharga USD18,7 juta -atau hanya USD632 per koin- dari Marsekal AS, dalam lelang token yang telah disita dari Silk Road, pasar online terkenal untuk barang dan jasa terlarang.

Awal tahun ini, Draper mengatakan kepada Forbes bahwa dia yakin nilai Bitcoin akan mencapai USD250.000 pada akhir 2022. Namun saat ini diperdagangkan masih di bawah USD50.000.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More