Negara-negara Penghasil Pisang Terbesar Dunia, Nomor 9 Jadi Makanan Pokok

Selasa, 23 Agustus 2022 - 13:29 WIB
Sebanyak 9 negara menjadi penghasil pisang terbesar di dunia, salah satunya bahkan menjadikan pisang makanan pokoknya. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Sedikitnya ada sembilan negara yang menghasilkan pisang paling banyak di dunia. Tak heran, pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi serta menjadi makanan favorit berbagai kalangan.

Pada awalnya pisang merupakan tumbuhan asli yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Namun kemudian, tanaman yang buahnya digandrungi banyak orang ini lantas menyebar ke seluruh dunia. Selain digunakan untuk konsumsi pribadi dalam negeri, pisang kini menjadi andalan ekspor bagi sebagian negara.



Dilansir dari laman Statista, berikut sembilan negara penghasil pisang terbesar di dunia.

1. India



India merupakan sebuah negara yang berada di Asia Selatan. Negara ini berbatasan langsung dengan Pakistan di Barat dan Bangladesh serta Myanmar di bagian Timurnya. Berstatus sebagai salah satu negara terpadat di dunia, India juga diketahui sebagai penghasil pisang terbesar di dunia. Menurut data Statista, pada tahun 2020 India memproduksi pisang sekitar 31.504.000 metrik ton.

2. China

China berada di posisi kedua sebagai negara penghasil pisang terbesar. Negara di kawasan Asia Timur ini memproduksi sekitar 11.513.000 metrik ton pisang pada tahun 2020. Dikutip dari laman Mappr, pisang telah dibudidayakan di China dalam kurun waktu yang cukup lama sebelumnya. Kebanyakan pisang ditanam di daerah selatan, terutama Guangdong, Yunnan, Hainan, hingga Guangxi.

3. Indonesia
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More