Begini Kata Pengamat Soal Pengaruh Saham GOTO ke Pergerakan IHSG Hari Ini

Kamis, 15 Desember 2022 - 08:08 WIB
Pengamat membeberka pengaruh saham GOTo ke pergerakan IHSG hari ini. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diprediksi bergerak mixed dengan kecenderungan menguat pada sepanjang perdagangan. Indeks diproyeksikan berada di rentang 6.740 – 6.926.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project William Hartanto mengatakan, baru satu hari menguat dan kemarin IHSG sudah melemah lagi, mungkin sebagian investor menyalahkan GOTO yang sempat menyentuh level Auto rejection Bawah atau ARB dan dinilai membebani indeks.

"Bisa saja, memang bobot GOTO termasuk besar, namun untuk kali ini pelemahan GOTO nampak tidak berpengaruh signifikan terhadap IHSG. Kami memperkirakan pelaku pasar sudah tidak terlalu memikirkan pergerakan GOTO lagi dan korelasinya terhadap IHSG," kata dia dalam analisisnya, Kamis (15/12/2022).



Kemungkinan hal tersebut, menurut William, dikarenakan sudah sempat exit saat GOTO menguat pada perdagangan dua hari yang lalu.



“Seharusnya hanya pull back saja, karena IHSG masih dalam tren bullish seperti yang kami sampaikan sebelumnya, dan pelemahan yang terjadi kemarin juga terbilang tipis hanya minus 8,56 poin, yang artinya ini pelemahan normal nyaris tanpa sentimen negatif,” terang dia.



Bicara tentang sentimen pun, William malah menilai ada sentimen positif dari inflasi di Amerika Serikat (AS) yang lebih rendah dari ekspektasi.

"Dari sudut pandang secara teknikal, IHSG dengan indikator MACD yang menunjukkan kondisi jenuh jual, mengindikasikan pergerakan menuju bullish trend," urainya. Lebih lanjut, dia menyampaikan beberapa saham yang direkomendasikan secara teknikal, sebagai berikut:
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More