Orang Terkaya Dunia Tunjuk Anak-anaknya Pimpin Perusahaan, Termuda Usia 24 Tahun

Kamis, 12 Januari 2023 - 15:44 WIB
Orang terkaya dunia, Bernald Arnault menunjuk putrinya Delphine Arnault memimpin perusahaan rumah mode Dior. FOTO/Reuters
JAKARTA - Orang terkaya di dunia , Bernard Arnault menunjuk putrinya memimpin perusahaan rumah mode Dior. Arnault mempromosikan Delphine Arnault (47) sebagai bagian dari perombakan struktur organisasi setelah kapala perusahaan sebelumnya Pietro Beccari pindah jabatan sebagai direktur eksekutif Louis Vuitton menggantikan Michael Burke.

Perombakan struktur organisasi tersebut bagian dari kebijakan induk usaha LVMH sebagai perusahaan yang paling berharga di Eropa. Perusahaan mode ini memiliki portofolio merek kelas atas termasuk Fendi dan Louis Vuitton hingga bernilai sekitar £336 miliar.

"Baik Delphine Armault maupun Beccari sangat dihormati di sini. Sehingga ini promosi logis dalam grup," ujar Analis Credit Suisse Natasha Brilliant, dilansir dari BBC, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: Apes! Minggu Pertama 2023 Elon Musk Kehilangan Rp202 Triliun

Bernard Arnault menyalip kekayaan Elon Musk pada Desember 2022 menjadi orang terkaya di dunia. Bernald Arnault memiliki 5 anak seluruhnya menempati posisi top manajemen. Pada Februari lalu, putra tertua Bernald Arnault, yakni Antoine Arnault masuk top manajemen di perusahaan induk.



Sementara Alexandre Arnault (30) bertanggung jawab atas produk dan komunikasi di Tiffany, sementara Frederic Arnault (28) adalah kepala eksekutif merek grup lain, Tag Heuer. Anak bungsu, Jean Arnault (24) ditunjuk memimpin pemasaran dan pengembangan produk untuk divisi jam tangan Louis Vuitton.

Perusahaan Mr Arnault menjual barang-barang termasuk koper mewah Louis Vuitton dan sampanye Moet dan Chandon. "Perencanaan suksesi dalam peran strategis telah berperan penting bagi kesuksesan merek-merek utama LVMH selama 20 tahun terakhir, karenanya langkah hari ini menjadi signifikan," kata Analis Citi, Thomas Chauvet.



Delphine Arnault akan meninggalkan posisinya sebagai wakil presiden eksekutif LVMH untuk Louis Vuitton, yang dijabatnya sejak 2013. Louis Vuitton mencetak rekor penjualan baru di bawah kepemimpinan Ms Arnault, kata LVMH.

Rencana suksesi serupa telah terjadi di perusahaan mode besar lainnya dalam beberapa tahun terakhir. Raksasa mode High Street Inditex, yang memiliki merek termasuk Zara dan Massimo Dutti,menunjuk putri sendiri sebagai pemimpin perusahaan pada 2021, yakni Marta Ortega. Marta kala itu berusia 37 tahun. Bos rumah mode Prada, Patrizio Bertelli, baru-baru ini mengatakan akan menyerahkan perusahaan kepada putranya Lorenzo dalam waktu dua tahun.
(nng)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More