Kurangi Tingkat Pengangguran, Ganjar Jaring Banyak Tenaga Kerja Lewat E-Makaryo

Jum'at, 27 Januari 2023 - 13:30 WIB
loading...
Kurangi Tingkat Pengangguran, Ganjar Jaring Banyak Tenaga Kerja Lewat E-Makaryo
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memberikan pembekalan kepada 2.500 calon pekerja migran, di Auditorium Prof. Wuryanto UNNES, Semarang, Jumat (27/1/2023). FOTO/dok.Istimewa
A A A
SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) terus berupaya menjaring tenaga kerja sebanyak-banyaknya dengan merangkul perusahaan untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya, guna mengurangi angka pengangguran usia produktif di Jateng. Pemprov menyiapkan sejumlah program berbasis digital, salah satunya aplikasi web E-Makaryo merupakan pengembangan aplikasi dari bursa kerja online yang telah lama dirintis.

"Di Jawa Tengah kita buka seluas-luasnya, terus kita coba kombinasikan dengan angka-angka kemiskinan yang ada dari keluarga miskin. Maka dinas tenaga kerja kita minta mendampingi," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melalui pernyataannya, saat memberikan pembekalan kepada 2.500 calon pekerja migran, di Auditorium Prof. Wuryanto UNNES, Semarang, Jumat (27/1/2023).



Menurut Ganjar aplikasi web E-Makaryo merupakan program lanjutan Pemprov untuk mengurangi angka kemiskinan. Ganjar menjelaskan, E-Makaryo adalah upaya pemerintah untuk memberikan fasilitas kepada para pencari kerja dan menghubungkan dengan perusahaan pihak penyedia kerja. Aplikasi E-Makaryo dibuat sesederhana mungkin agar mampu diakses seluruh kalangan.

E-Makaryo, kata Ganjar, dapat juga disebut sebagai platform lowongan pekerjaaan online yang diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran terbuka di Jawa Tengah. "Nanti bertemu dengan E-Makaryo kita joinkan sehingga tidak hanya sekedar mereka mendaftar, terus berlatih dan cari-cari pekerjaan, tapi sekarang agak sedikit kita cari dengan skala prioritas yang ada," jelas Ganjar.

Tak hanya mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan penyedia kerja, E-Makaryo juga menjadi wadah bagi pencari kerja yang ingin daftar untuk mengikuti pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) yang tersebar di seluruh Jawa Tengah.

Adanya E-Makaryo yang dapat diakses seluruh kalangan masyarakat itu, diharapkan kesempatan kerja masyarakat semakin tinggi. Dengan demikian, tingkat pengangguran terbuka di Jawa Tengah akan terus menurun.



Oleh sebab itu, Ganjar mengajak para pencari kerja untuk dapat memanfaatkan E-Makaryo dan juga seluruh fasilitas yang telah disediakan Pemprov Jawa Tengah, baik berbentuk program, pelatihan hingga aplikasi seperti E-Makaryo.

"Yang umum boleh saja, tapi yang perlu mendapatkan bantuan dukungan mereka coba kita lakukan afirmasi. Sehingga mereka akan mendapatkan kesempatan lebih dulu. Banyak sekali apikasi-aplikasi yang dari dinas kita berikan, maka silahkan digunakan," ucap Ganjar.

Sebagai informasi, hingga kini aplikasi E-Makaryo telah diakses lebih dari 140 ribu pencari kerja umum dan 5.000 alumnus bursa kerja khusus (BKK). Selain itu, 700 perusahaan juga telah mendaftar E-Makaryo dan membuka hingga tak kurang dari 50 ribu lowongan kerja dan telah dilamar lebih dari 35 ribu pencari kerja.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)