Jumlah Pengangguran RI Tembus 8,4 Juta Orang, 33,45% di Antaranya Tak Punya Harapan

Rabu, 18 Januari 2023 - 12:19 WIB
loading...
Jumlah Pengangguran RI Tembus 8,4 Juta Orang, 33,45% di Antaranya Tak Punya Harapan
zzngatakan, saat ini masih terdapat tantangan utama dalam upaya penurunan tingkat pengangguran di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenegakerjaan atau Menaker, Ida Fauziah mengatakan, saat ini masih terdapat tantangan utama dalam upaya penurunan tingkat pengangguran di Indonesia. Sebab menurutnya pengangguran mayoritas yang ada di Indonesia adalah mereka yang mengalami hopeless of job atau pengangguran yang merasa tak mungkin memperoleh pekerjaan.



Dari total 8,4 juta orang pengangguran, sebanyak 2,8 juta atau 33,45% mengalami hopeless of job. Dari 2,8 juta orang pengangguran yang mengalami situasi hopeless of job tersebut, sekitar 76,90% berpendidikan rendah (lulusan SMP ke bawah).

"Jadi karena tingkat pendidikan rendah, mereka tak memiliki harapan untuk memiliki pekerjaan. Ini mengindikasikan tingkat pendidikan mereka tak mampu menyiapkan mereka memasuki pasar kerja, baik pendidikan yang rendah maupun kompetensi mereka," Ida Fauziyah pada pernyataan tertulisnya, Selasa (17/1/2023).

Ida mengungkapkan tantangan kedua dalam penurunan pengangguran adalah tekanan untuk meningkatkan penciptaan lapangan kerja, khususnya di sektor formal. Tantangan ketiga adanya nilai budaya kerja baru.

"Generasi Y dan Z yang masuk dalam pasar kerja telah membawa nilai-nilai budaya kerja baru. Misalnya nilai work-life-balance, pekerjaan yang bermakna dan worktainment, " kata Ida Fauziyah.



Tantangan keempat lanjut Ida Fauziyah, yakni risiko mismatched (ketidaksesuaian antara supply and demand) akibat digitalisasi. "Digitalisasi mendorong perubahan permintaan keterampilan kerja, pola hubungan kerja, serta waktu dan tempat bekerja yang semakin fleksibel," pungkasnya.

Ida Fauziyah menambahkan kunci untuk mengatasi pengangguran di pasar kerja yakni menciptakan pasar tenaga kerja yang inklusif. Masuknya investasi diharapkan bisa membuka lapangan kerja yang lebih luas.

"Kemnaker telah membuat kebijakan Active Labour Market Policy (AMLP) untuk menciptakan pasar kerja yang inklusif dan penurunan pengangguran," ujarnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)