alexametrics

Harga Emas Global Reli Dipicu Koreksi USD

loading...
Harga Emas Global Reli Dipicu Koreksi USD
Harga emas global reli dipicu koreksi USD. Foto: Ilustrasi
A+ A-
SINGAPURA - Harga emas global melanjutkan kenaikan (reli) didukung terkoreksinya dolar Amerika Serikat (USD) karena investor menunggu kesimpulan negosiasi krisis utang Yunani serta data ekonomi Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari Reuters, harga emas di pasar spot sedikit berubah menajdi USD1.193,16/ons pada pukul 0039 GMT setelah naik 0,4% pada Selasa.

USD terkoreksi pada hari ini karena harapan pembicaraan utang Yunani dan melonjaknya imbal hasil obligais di Eropa untuk memberikan keuntungan euro terbesar dalam tiga bulan.



Indeks USD telah jatuh 1,6% pada sesi sebelumnya. Sementara kenaikan USD membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya, sementara juga mengurangi daya tarik logam mulia sebagai aset aman.

Kreditur Yunani pada Selasa menyusun daftar reformasi dari kesepakatan untuk menyimpulkan negosiasi dalam empat bulan ini sebelum negara itu bangkrut. Emas mendapat beberapa dukungan di sesi terakhir dari ketidakpastian krisis utang Yunani karena investor menjadikan emas sebagai aset aman.

Pasar juga masih menunggu data ekonomi AS lainnya, termasuk data tenaga kerja bulanan pada Jumat ini untuk mengukur kekuatan ekonomi dan dampaknya pada kebijakan suku bunga Federal Reserve.

Pasalnya, naiknya suku bunga akan mengurangi permintaan logam mulia. Adapun kepemilikan emas di SPDR Gold Trust jatuh 0,59% ke 709,89 ton pada Selasa, terendah sejak Januari 2015.
(rna)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak