Beras Medium Bulog Bakal Masuk Ritel Modern

Senin, 30 Januari 2023 - 07:45 WIB
loading...
Beras Medium Bulog Bakal Masuk Ritel Modern
Beras medium Bulog akan tersedia di ritel-ritel modern. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Penyaluran beras medium dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) beras terus diperluas. Kepala Badan Pangan Nasional ( Bapanas ) Arief Prasetyo Adi mengatakan, penyalurannya akan ditingkatkan ke pasar ritel modern.



"Kami perluas distribusinya dengan menyasar dan memperbanyak toko-toko ritel yang ada di sekitar masyarakat. Hal ini untuk memastikan keterjangkauan dan aksesibilitas masyarakat terhadap produk beras Bulog yang kita jual dengan harga terjangkau," papar Arief dalam keterangan resmi, Minggu (29/1/2023).

Menurut Arief, upaya mendorong beras Bulog ke penjualan ritel telah sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional No. 01/KS.02.02/K/1/2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan SPHP. Dalam juklak tersebut, Bulog dapat melaksanakan SPHP melalui operasi pasar secara langsung di tingkat eceran atau melalui distributor dan mitra yang ada di pasar tradisional atau modern.

“Poinnya, yang terpenting membuka keterjangkauan dan harga penjualan sampai ke tingkat konsumen harus sesuai dengan harga eceran yang telah ditetapkan. Selain itu, sebagai jaminan atas mutu, beras yang dijual harus mencantumkan informasi harga, kelas mutu, dan berat bersih,” jelasnya.

Menurut Arief, berdasarkan data yang dihimpun telah banyak daerah melakukan perluasan pendistribusian melalui toko dan gerai ritel setempat. Seperti di Provinsi Sulawesi Selatan, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Jawa Barat, DKI Jakarta, Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Riau, Yogyakarta, dan Jambi.



Sampai dengan 28 Januari, lanjut Arief, Bulog telah merealisasikan penyaluran SPHP sebanyak 161 ribu ton. Jumlah tersebut meningkat 143% dibandingkan dengan penyaluran beras untuk stabilisasi stok dan harga di bulan Januari tahun 2022 yang tercatat sebanyak 66 ribu ton.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)