Inovator Jadi SDM Andalan Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Jum'at, 03 Februari 2023 - 20:21 WIB
loading...
Inovator Jadi SDM Andalan Mewujudkan Indonesia Emas 2045
Inovasi sangat dibutuhkan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Foto/Whatfix
A A A
JAKARTA - Untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 dan menjadi negara maju secara ekonomi, dibutuhkan banyak sumber daya manusia ( SDM ) yang mumpuni di berbagai bidang. Salah satunya adalah bidang inovasi, yang bisa menjadi andalan Indonesia menghasilkan produk-produk yang bisa diterima konsumen, baik domestik maupun global.



Kehadiran inovator tentu saja sangat penting. Tak cuma itu, penghargaan atas kontribusi mereka juga terbilang penting, sehingga bisa memacu semangat untuk terus berkarya sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian.

Untuk itulah digelar "Innovation Heroes" sebagai upaya awal memperkenalkan inovator di tengah-tengah masyarakat. Sekaligus sebagai upaya menjawab tantangan besar yang dihadapi bangsa untuk menuju Indonesia Emas 2045.

“Innovation Heroes ini didesain sedemikian rupa, harapannya bukan sekedar jadi ajang diskusi tapi cikal bakal semangat melahirkan inovasi di berbagai bidang di Indonesia dengan mengumpulkan dan mencari inovator sebanyak-banyaknya sehingga kita bisa optimistis mencapai target 2045,” ujar Bambang Brodjonegoro, Ketua Yayasan Indonesia Forum, dalam keterangannya dikutip Jumat (3/2/2023).

Ajang "Innovation Heroes" digagas oleh Yayasan Indonesia Forum dan bekerja sama dengan Corporate Innovation Asia (CIAS) untuk mengukuhkan para heroes. Kegiatan yang dihadiri oleh ratusan orang mulai dari para nominee, akademisi, direksi perusahaan ini, selain memberikan pengukuhan bagi para innovator juga bertujuan menjembatani para nominee dengan para stakeholder untuk membuka peluang kolaborasi ke depannya.

Inovator Jadi SDM Andalan Mewujudkan Indonesia Emas 2045


Dalam malam inagurasi ini juga menghadirkan Ir. Warih Andang Tjahjono, M.T sebagai Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan Achmad Zaky, S.T, M.Sc. Co-Founder Bukalapak yang juga sebagai Wakil Ketua Umum Indonesia Forum untuk berbagi tentang praktik inovasi yang telah dilakukan.

Rangkaian acara yang sudah dimulai sejak November 2022 lalu, telah menyisihkan 14 inovator dari ratusan pendaftar. Setelah itu para kandidat mengikuti sesi interview bersama para panelis untuk memilih 5 Innovation Heroes. Pemilihan heroes ini berdasarkan hasil penilaian para panelis, yaitu Indrawan Nugroho (Founder & CEO CIAS), Danang Rizky Ginanjar (Wakil Sekjen Indonesia Forum) dan Ivan Ahda (CEO Maxima).

“Semua kandidat Innovation Heroes memiliki ide inovasi yang sangat berdampak dan berangkat dari permasalahan yang ada di sekitar. Kelima heroes yang terpilih malam ini, kami rasa punya potensi besar untuk diperluas lebih besar lagi dampaknya” ujar Indrawan Nugroho.



5 nomine yang dikukuhkan menjadi Heroes dalam ajang Innovation Heroes 2022 antara lain Wahyudi Hasbi (Satelit Kecil Multi Misi),Herry Wijaya (For Sustainable Prosperity), Tatiek Kancaniati (Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru), Lenang Manggala (Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional) dan Heni Sri Sundari (Gerakan Anak Petani Cerdas)
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)