Pedagang Pasar Induk Cipinang Tak Akan Lagi Jual Beras Bulog di Atas Rp8.900 per Kg

Minggu, 05 Februari 2023 - 10:42 WIB
loading...
Pedagang Pasar Induk Cipinang Tak Akan Lagi Jual Beras Bulog di Atas Rp8.900 per Kg
Pedagang beras di Pasar Induk Cipinang sepakati harga jual beras Bulog. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Direktur Utama Food Station Pamrihadi Wiraryo mengatakan, dalam rangka menjaga kesesuaian harga, ratusan pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, sudah membuat surat pernyataan tidak boleh menjual beras Bulog di atas Rp8.900 per kilogram (kg).



"Para pedagang sudah sepakat, mereka tidak akan menjual beras Bulog di atas Rp8.900 per kg," ujar Pamrihadi dikutip dari keterangan resmi, Minggu (5/2/2023).

Ia menjelaskan, berdasarkan data Informasi Pangan Jakarta (IPJ) maupun website Food Station, seminggu yang lalu beras medium berada di angka Rp10.375 per kg, dan setiap hari terjadi penurunan Rp25 per kg.

“Target kita dalam beberapa minggu ke depan harga beras medium akan kembali ke harga normal di bawah Rp9 ribuan per kg," terang Pamrihadi.

Lebih lanjut dia menuturkan, pedagang-pedagang yang membeli dari Pasar Induk Beras Cipinang adalah pedagang beras turunan yang ada di 153 pasar di DKI Jakarta. Mereka berkewajiban untuk menjual dengan harga Rp9.300 per kg.

“Artinya masih di bawah HET Rp9.450 per kg sehingga manakala beras itu masih diperjualbelikan di pasar yang lebih kecil lagi, harapannya maksimal Rp9.450,” papar Pamrihadi.

Pamrihadi menegaskan akan terus melakukan kolaborasi bersama para pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang dalam pelaksanaan operasi pasar. Beras yang boleh mereka jual maksimal Rp8.900 per kg.



“Kita terus berkolaborasi dengan pedagang Pasar Induk Beras Cipinang. Per kemarin sudah ada yang menjual Rp8.800 karena tahu beras dari Bulog akan masuk banyak dan harus terdistribusi kepada masyarakat,” tukasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)