Laporkan Progres Pembangunan IKN, Menteri Basuki Tekankan Pentingnya Peduli Lingkungan

Minggu, 05 Februari 2023 - 22:42 WIB
loading...
Laporkan Progres Pembangunan IKN, Menteri Basuki Tekankan Pentingnya Peduli Lingkungan
Menteri Basuki Hadimuljono saat meninjau pembangunan IKN Nusantara. Foto/PUPR
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Ibu Kota Nusantara ( IKN ). Hingga saat ini setidaknya sudah terkontrak 31 paket pengerjaan dengan progres pembangunan keseluruhan mencapai 14%.



Paket yang sudah dikerjakan seperti konsultan manajemen konstruksi dan supervisi, antara lain pekerjaan land development, hunian pekerja, jalan logistik, jalan tol, embung dan drainase, intake air baku, kantor kementerian koordinator, sumbu kebangsaan, kompleks kantor, dan istana negara.

"Visi Smart Forest City harus menjadi panduan dan orientasi kita bekerja. Hati-hati, harus seminimal mungkin menebang pohon dan mengupas tebing. Justru kita manfaatkan pohon dan tebing yang ada untuk lansekap view kawasan yang bagus," kata Menteri Basuki pada pernyataan tertulisnya, Minggu (5/2/2023).

Implementasi itu dilakukan dengan membatasi secara ketat penebangan pohon eksisting yang betul-betul sesuai dengan rencana manfaat jalan dan tapak bangunan, serta mempertahankan bentang alam yang ada di lapangan (elevasi, kontur, posisi) di bawah pengawasan ketat konsultan manajemen konstruksi dan supervisi pekerjaan.

Tinjauan selanjutnya bangunan pemerintahan di KIPP IKN Nusantara di antaranya pembangunan Sumbu Kebangsaan Tahap I meliputi zona 1 (riparian, visitor center), zona 2 (ceremonial lawn, plaza, gedung retail, toilet), zona 3 (central promenade, wetland, forest trail), zona 4 (shared street), zona 5 (shared street).

Dalam tinjauan di rumah susun (rusun) pekerja, Menteri Basuki meminta untuk setiap unit rusun ditempati maksimal delapan pekerja, sehingga kamar lebih lega. Menteri Basuki juga menginstruksikan agar ditambah kipas angin (blower) minimal dua unit untuk dipasang di setiap lorong rusun guna memperbaiki sirkulasi udara dan meredam udara panas. Total rusun dibangun 22 tower dengan daya tampung 14.000 pekerja.



Selanjutnya Menteri Basuki meninjau progres pembangunan Intake Sungai Sepaku berkapasitas 3.000 liter/detik yang akan dilengkapi dengan jaringan pipa transmisi untuk mendukung penyediaan air baku di IKN.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2734 seconds (0.1#10.140)