Tahap I Tol Probowangi Mulai Dibangun, Menteri Basuki: Sabuk Jawa Segera Kita Selesaikan

Senin, 06 Februari 2023 - 19:25 WIB
loading...
Tahap I Tol Probowangi Mulai Dibangun, Menteri Basuki: Sabuk Jawa Segera Kita Selesaikan
Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, cita-cita membuat sabuk Jawa sebentar lagi akan terwujud. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, cita-cita membuat sabuk Jawa, dengan menghubungkan Banten hingga Banyuwangi sebentar lagi akan terwujud. Hal ini disampaikan saat groundbreaking atau tanda dimulainya pembangunan jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) Tahap I sepanjang 49,68 km.



Menurutnya dengan adanya pembangunan ruas tol ini, diharapkan bisa mempercepat pembangunan sabuk Jawa atau ruas tol dari Banten hingga ujung timur pulau Jawa dapat tersambung seluruhnya.

"Mudah-mudahan dengan itu cita-cita kita membuat sabuk Jawa, dari Banten hingga Banyuwangi akan dapat segera kita selesaikan," ujar Menteri Basuki dalam sambutannya melalui Kanal YouTube KemenPUPR, Senin (6/2/2023).

Menteri Basuki mengatakan, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dengan total panjang 175,40 km merupakan ruas pamungkas dari Jalan Tol Trans Jawa yang sebelumnya sudah tersambung dari Banten Provinsi Jawa Barat hingga Probolinggo Timur, Provinsi Jawa Timur.

Diharapkan dengan bertambahnya ruas tol tersebut semakin melancarkan distribusi orang, barang, dan jasa mulai dari Banten hingga Banyuwangi, serta akan menjadi roda penggerak perekonomian masyarakat.

"Hari ini kita mulai kembali untuk yang sudah siap secara teknis dengan nilai investasi sebesar Rp10,7 triliun, yakni ruas Probolinggo-Besuki," sambung Menteri Basuki.



Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, pembangunan ruas tol ini ditargetkan rampung pada tahun 2024.

"Penyelesaian ruas Tol Probolinggo-Banyuwangi menjadi penting karena selain bagian akhir dari Trans Jawa juga membantu pengembangan aktivitas pariwisata, baik di Jawa Timur maupun Bali," sambung Danang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)