Bali Siap Uji Coba Bayar Tol MLFF Tanpa Sentuh Pertengahan Tahun Ini

Selasa, 07 Februari 2023 - 17:20 WIB
loading...
Bali Siap Uji Coba Bayar Tol MLFF Tanpa Sentuh Pertengahan Tahun Ini
BPJT akan menerapkan sistem MLFF pertengahan tahun ini di ruas tol Bali - Mandara. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalaui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menerapkan teknologi tol nir sentuh atau MLFF (Multi Lane Free Flow) pada pertengahan tahun 2023 ini di ruas tol Bali - Mandara.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian PUPR, Ali Rachmadi mengtakan pada tahap uji coba tersebut, pihaknya juga sekaligus melakukan uji coba terhadap skema pemberian sanksi apabila ada yang melanggar atau masuk tol tanpa bayar. "Rencananya begitu, maka kita sekaligus untuk menerapkan uji coba penerapan sanksinya," ujar Ali usai diskusi bersama Instran, di Jakarta, Selasa (7/2/2023).



Ali mengatakan, pada bulan Maret mendatang RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah) untuk penerapan MLFF bisa segera rampung, dan pada bulan Juni siap untuk dilakukan uji coba. Pada tahap uji coba itu, 2 dari 4 Gerbang Tol Bali - Mandara akan dipasang teknologi MLFF. Sedangkan sisanya masih bisa menggunakan tapping menggunakan e-money.

"Seandainya di Bali - Mandara itu ada 4 gerbang, maka setengahnya akan kita lakukan MLFF, berarti setengahnya masih taping," sambungnya.

Lihat Foto: Tarif Tol Tangerang - Merak Naik Hingga Rp9500

Sedangkan untuk ruas tol kendaraan roda dua, yang ada di tol tersebut saat untuk saat ini belum dikenakan uji coba MLFF. Namun ke depan untuk tol roda dua juga akan menggunakan teknologi MLFF. "Sementara motor cuma 1 gerbang, itu masih taping, motor belum, tapi kedepannya akan di siapkan MLFF juga, jadi mereka akan tetap menggunakan aplikasi Cantas kedepannya," pungkas Ali.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0878 seconds (0.1#10.140)