7 Negara Asal Utama Impor Minyak Indonesia, Terbanyak dari 2 Negara Tetangga

Rabu, 08 Februari 2023 - 17:16 WIB
loading...
7 Negara Asal Utama Impor Minyak Indonesia, Terbanyak dari 2 Negara Tetangga
Terdapat sejumlah negara asal utama impor minyak Indonesia yang dapat diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah negara asal utama impor minyak Indonesia yang dapat diketahui. Bahkan dua di antaranya adalah negara tetangga.

Penurunan produksi minyak Indonesia yang seiring dengan meningkatnya permintaan domestik, membuat Tanah Air menjadi negara importir minyak dalam beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya Indonesia sempat dikenal sebagai negara yang kaya akan Sumber Daya Alam termasuk produksi minyak mentahnya, dan menjadi salah satu negara pengekspor minyak. Hal itu membuat Indonesia tergabung dalam Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) pada 1962.

Baca juga : Pertamina Buka Peluang Impor Minyak Murah Rusia

Turunnya nilai produksi minyak, membuat Indonesia secara sukarela keluar dari keanggotaan OPEC pada 2008 silam. Meski sempat bergabung kembali pada awal tahun 2016, Indonesia harus kembali keluar pada akhir tahun yang sama.

Pada tahun 2021 lalu, BPS sempat merilis negara negara mana saja yang telah mengekspor minyak bumi ke Indonesia. Data tersebut berisikan impor minyak dari tahun 2017 hingga 2021.

Berikut tujuh negara asal utama impor minyak Indonesia dilansir dari data Badan Pusat Statistik :

1. Singapura

Negara Tetangga ini menjadi negara pengekspor minyak terbesar untuk Indonesia setiap tahunnya. Pada tahun 2021, Kota Singa telah mengekspor 10,3 juta ton minyak bumi untuk Indonesia.

Tahun 2018 menjadi jumlah terbanyak impor minyak Indonesia dari Singapura, yakni sebanyak 17,8 juta ton.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)