Ikut Menopang Perekonomian RI, Airlangga Sebut Pelaku UMKM Toko Kelontong Pahlawan Ekonomi

Jum'at, 10 Februari 2023 - 08:08 WIB
loading...
Ikut Menopang Perekonomian RI, Airlangga Sebut Pelaku UMKM Toko Kelontong Pahlawan Ekonomi
Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Pesta Retail Nasional 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2022 tumbuh impresif 5,31% (ctc) dan menjadi yang tertinggi dalam satu dasawarsa terakhir. Hal ini tidak terlepas dari pertumbuhan positif seluruh sektor lapangan usaha pada kuartal IV/2022.

Tingkat kepercayaan dan konsumsi masyarakat juga berangsur pulih, tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Januari 2023 yang sebesar 123,0 atau lebih tinggi dibanding bulan Desember 2022 yang sebesar 119,9.

Pemerintah terus berupaya mendorong dan menjaga percepatan pemulihan kondisi perekonomian melalui sejumlah strategi dan kebijakan utama.

Antara lain melalui penguatan pasar domestik dengan mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri dan mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah terbukti mampu menjadi buffer ketahanan ekonomi nasional. UMKM tersebut juga termasuk toko-toko kelontong.

Menteri Koordiator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan keynote speech pada acara Pesta Retail Nasional 2023 Sampoerna Retail Community dengan tema “Bersama SRC untuk Toko Kelontong #JadiLebihBaik”, Kamis (9/2) mengapresiasi para pemilik toko kelontong dan Sampoerna Retail Community (SRC).

“Ekonomi Indonesia tergantung pada daya beli masyarakat, dan toko kelontong menyediakan barang dengan harga terjangkau,” ujarnya, dikutip dari siaran pers, Jumat (10/2/2023).

Menurut dia, toko kelontong memiliki peranan penting tidak hanya bagi perekonomian lokal namun juga berpotensi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Hingga kini, toko kelontong masih menjadi bagian penting dari pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat karena memiliki produk yang bervariasi dan lokasi yang mudah dijangkau.

“Pemerintah berterimakasih karena barang-barang yang dijual di toko SRC tidak naik setinggi di negara-negara lain. Jadi benar tadi disampaikan oleh Ketua Umum Kadin, di sini pemerintah senang, dan UMKM yang ada di ruangan ini adalah pahlawan-pahlawan ekonomi,” tuturnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)