Solusikan Keluhan Para Pelaku UMKM Kalimantan Barat, Sandiaga Uno Fasilitasi Modal Usaha

Jum'at, 10 Februari 2023 - 13:02 WIB
loading...
Solusikan Keluhan Para Pelaku UMKM Kalimantan Barat, Sandiaga Uno Fasilitasi Modal Usaha
Menparekraf Sandiaga Uno menjawab langsung keluhan pelaku UMKM di Kalbar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjawab langsung keluhan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ) Kalimantan Barat ketika menghadiri Pelatihan dan Gebyar UMKM Kreatif Kalimantan Barat (Kalbar) pada Kamis (9/2/2023). Satu di antaranya adalah sulitnya para UMKM untuk mengakses permodalan, sehingga usaha stagnan dan tidak berkembang.



Terkait hal tersebut, dirinya berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Bank Kalbar untuk menyalurkan bantuan permodalan lewat program kredit usaha rakyat (KUR). Lewat bantuan tersebut, Sandiaga Uno berharap pemulihan sektor parekraf, khususnya UMKM pascapandemi covid-19 semakin cepat, sehingga peluang usaha kembali tercipta, lapangan usaha pun semakin luas terbuka.

"Tadi dari UMKM kita juga mendapatkan masukan kebutuhan pembiayaan, kita akan sediakan pembiayaan," ungkapnya ketika menghadiri Pelatihan dan Gebyar UMKM Kreatif Kalimantan Barat (Kalbar) di Pendopo Gubernur Kalbar, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada Kamis (9/2/2023).

"Tadi ada beberapa yang langsung kita berikan solusi di tempat, yaitu ada seorang ibu yang baru mendapatkan fasilitas hibah Rp1 juta dan mendapatkan pinjaman Rp5 juta tanpa persyaratan yang merupakan bagian daripada program KUR," tambahnya.

Bersamaan dengan itu, dirinya berpesan kepada para UMKM untuk terus berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi. Lewat semangat gotong royong, dirinya pun mengajak kepada seluruh pihak untuk bersama mengakselerasi kebangkitan ekonomi bangsa.

"Saya ingin mengundang para investor untuk bekerja sama dengan pemprov membangun destinasi, sehingga tercipta peluang usaha dan lapangan kerja yang banyak dibutuhkan untuk pergerakan ekonomi ke depan," ungkap Sandiaga Uno.



"Saya sangat yakin Kalimantan Barat sebagai provinsi terbesar di Pulau Kalimantan bisa menjadi lokomotif untuk kebangkitan ekonomi, karena Kalimantan Barat selain memiliki destinasi wisata, yaitu sumber daya yang melimpah ini bisa dikelola dengan baik," jelasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)