Petani Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi, Erick Thohir: Kartu Tani Digital jadi Terobosan

Sabtu, 11 Februari 2023 - 07:50 WIB
loading...
Petani Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi, Erick Thohir: Kartu Tani Digital jadi Terobosan
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) saat mendampingi presiden Jokowi meluncurkan Kartu Tani Digital untuk Pupuk Bersubsidi di Aceh, Jumat (11/2/2023). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui para petani hingga kini masih masih mengalami kendala dalam mendapatkan pupuk subsidi. Mulai dari harga yang fluktuatif hingga masalah distribusi.

Dengan diluncurkannya Kartu Tani Digital untuk pupuk bersubsidi dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (10/2), Erick optimistis kendala itu perlahan bisa diatasi.

Adapun program tersebut merupakan inisiatif dari PT Bank Syariah Indonesia (BSI) dan PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC).

Kartu Tani Digital dan KUR digadang-gadang bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Melalui program tersebut pemerintah mendistribusikan pupuk bersubsidi dari Kementerian Pertanian (Kementan).

"Kartu Tani Digital merupakan terobosan guna menjamin tidak ada lagi petani yang kesulitan mendapatkan pupuk subsidi karena mekanismenya lebih mudah dan jelas. Sekaligus sebagai alat untuk memonitoring pendistribusian pupuk subsidi kepada petani agar tepat sasaran," ujarnya, dikutip Sabtu (11/2/2023).

Uji coba program Kartu Tani Digital sebelumnya dilakukan oleh BSI di Kabupaten Aceh Besar, bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, di mana bumi Serambi Mekah menjadi pilot project program strategis pemerintah tersebut.



Erick menilai Aceh menjadi provinsi pertama yang dapat menggunakan Kartu Tani Digital. Langkah tersebut bertujuan memudahkan petani dalam penebusan pupuk bersubsidi tanpa memerlukan fisik kartu dan tetap menjaga akuntabilitas transaksi yang menggunakan aplikasi dengan e-wallet quota pupuk alokasi.

Adapun Aceh Besar menjadi kota/kabupaten pertama yang menjadi penerima Kartu Tani Digital dengan jumlah penerima 38.767 orang. Melalui program ini pula petani diharapkan dapat meningkatkan hasil panennya.

"Kartu Tani ini merupakan upaya untuk pemerataan ekonomi yang berkeadilan, khususnya untuk terus menjaga keseriusan peningkatan ekonomi umat," tandas Erick.



Mantan bos Inter Milan itu juga memastikan BSI dan PT Pupuk Iskandar Muda tetap bekerja sama untuk meningkatkan hasil pangan yang berkualitas melalui alokasi pupuk subsidi.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)