BSI Bakal Salurkan KUR Rp 3 Triliun, Erick Thohir: Naik Terus hingga 2024

Sabtu, 11 Februari 2023 - 23:03 WIB
loading...
BSI Bakal Salurkan KUR Rp 3 Triliun, Erick Thohir: Naik Terus hingga 2024
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan pada acara penyerahan KUR 2023 di kawasan pabrik Pupuk Iskandar Muda, Lhokseumawe, Aceh, Jumat (10/2/2023).
A A A
JAKARTA - Kementerian BUMN dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan ekonomi syariah di Aceh khususnya penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) .

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, upaya Kementerian BUMN melalui BSI untuk mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Aceh sejalan dengan arahan Presiden Jokowi terkait pemerataan ekonomi yang berkeadilan dan terkhusus untuk terus mendorong keseriusan ekonomi ummat.

“Kami BUMN bekerja secara maksimal mungkin untuk memastikan pemerataan ekonomi, BSI tahun ini menyalurkan Rp 3 triliun KUR dan akan terus naik hingga tahun 2024 agar masyarakat dapat pemerataan ekonomi,” ungkapnya dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (11/2/2023).

Sebelumnya, acara penyerahan KUR 2023 dilakukan bersamaan peluncuran Kartu Tani Digital untuk Pupuk Bersubsidi oleh presiden Joko Widodo (Jokowi) di kawasan pabrik Pupuk Iskandar Muda, Lhokseumawe, Aceh, Jumat (10/2).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Pj Gubernur Aceh, anggota DPR Dapil Aceh, ulama dan tokoh masyarakat Aceh, serta para pelaku UMKM.

Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara tersebut menyampaikan, ekonomi di provinsi Aceh mulai menunjukkan pertumbuhan positif setelah sempat kontraksi minus -0,37% pada tahun 2020 lalu.

Tercatat, perekonomian di wilayah ini tumbuh positif sebesar 4,21% pada tahun 2022 lalu. Pertumbuhan ini harus terus didukung dengan penguatan produktivitas masyarakat, khususnya di sektor pertanian dan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

"Sekarang BSI, untuk seluruh Tanah Air, dapat alokasi Rp 14 triliun pembiayaan KUR, dibagi 38 provinsi, Aceh dapat Rp 3 triliun untuk KUR,” sebut Jokowi.

“Potensi di Aceh sangat besar baik perdagangan, perikanan, pertanian, perkebunan semua ada Aceh, barusan diresmikan industri di Arun Lhokseumawe, PT PIM, kita buka lagi dengan investasi Rp 1,7 triliun. Akan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya," imbuh presiden.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)