Fakta Menarik Beras Bulog Dioplos, Dijual Mahal hingga Bakal Diselundupkan ke Timur Leste

Minggu, 12 Februari 2023 - 13:41 WIB
loading...
Fakta Menarik Beras Bulog Dioplos, Dijual Mahal hingga Bakal Diselundupkan ke Timur Leste
Mengungkap fakta-fakta menarik 350 ton beras Perum Bulog yang dioplos oleh oknum tertentu. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ada 350 ton beras Perum Bulog dioplos oleh oknum tertentu. Meski begitu, Satgas Pangan Polda Banten berhasil meringkus tujuh pelaku atas tindakan kejahatan tersebut.

Penangkapan itu merupakan tindak lanjut dari inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Direktur Utama Bulog Budi Waseso (Buwas) dan Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi. Sidak dilakukan di Gudang Beras PT Food Station di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), pada awal Februari 2023.



Sejumlah fakta-fakta menarik pun terkuak, usai Satgas Pangan Polri mengamankan ketujuh tersangka pengoplosan beras . Berikut fakta-fakta yang dirangkum MNC Portal Indonesia.

- Beras Impor

350 ton beras yang dioplos merupakan beras impor yang baru didatangkan oleh Bulog dari sejumlah negara. Berasa tersebut lalu didistribusikan ke Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur.

Adapun total impor beras mencapai 500.000 ton dan didatangkan secara bertahap sejak Desember 2022 hingga saat ini. Komoditas utama ini lalu dikirimkan ke sejumlah titik, salah satunya Pasar Induk Beras Cipinang.

- Beras Impor Dioplos dengan Merek Lokal

Dari hasil pemeriksaan Satgas Pangan, ada enam merek beras lokal yang dicampurkan dengan beras impor. Padahal, pangan dasar tersebut merupakan jenis beras premium.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)