Sri Mulyani Bertemu Menteri Keuangan Jepang, Ini yang Dibahas

Selasa, 14 Februari 2023 - 20:44 WIB
loading...
Sri Mulyani Bertemu Menteri Keuangan Jepang, Ini yang Dibahas
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO/Antara Photo
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Keuangan Jepang Shun'ichi Suzuki. Dalam kesempatan itu membahas Jepang sebagai anggota G7 dan ASEAN +3 bisa berkolaborasi dan berkoordinasi dengan Indonesia sebagai keketuaan ASEAN.

"Di sini kita membahas mengenai reformasi dari ASEAN+3 terutama dikaitkan dengan Chiang Mai Initiative terutama insentif dari Jepang untuk memperkenalkan instrumen baru di dalam rangka mengantisipasi kebutuhan negara-negara ASEAN+3 dalam menghadapi kemungkinan terjadinya shock atau guncangan dalam bentuk bencana alam, dan juga dari sisi pandemi," kata Sri Mulyani saat konferensi pers secara virtual, Selasa (14/2/2023).



Sri Mulyani mengungkapkan pertemuan tersebut juga membahas Chiang Mai Initiative diefektifkan dengan meningkatkan peranan dari ASEAN Regional Macroeconomic Surveillance Organization (AMRO), di mana Indonesia terus mendukung peningkatan inklusivitas dan kualitas AMRO.

Jepang juga mendukung Indonesia menambah jumlah staf maupun posisi yang tinggi di AMRO sehingga suara dan kontribusi pemikiran dari Indonesia bisa makin mempengaruhi dan membentuk arah kebijakan AMRO ini.

"Sangat menarik, sangat bagus, dan juga memang sangat timely. Jadi Indonesia juga selama ini, melalui Kemenkeu dan Bank Indonesia (BI) akan bersama-sama dengan Jepang dalam mendukung dan meningkatkan peranan kepemimpinan Indonesia di ASEAN dan ASEAN+3," terang Sri Mulyani.



Menteri Suzuki juga memberikan apresiasi kesuksesan pelaksanaan G20 di bawah kepemimpina Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Kita semuanya bisa tetap menjaga kerjasama G20 di dalam rangka meningkatkan kemampuan dunia menghadapi tantangan pasca pandemi, pemulihan yang makin pelik, dan suasana geopolitik yang makin rumit," kata dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)