Pabrik Beras Bisa Dapat Pendanaan Hanya dengan Menyetor Limbah, Begini Caranya

Rabu, 15 Februari 2023 - 22:02 WIB
loading...
Pabrik Beras Bisa Dapat Pendanaan Hanya dengan Menyetor Limbah, Begini Caranya
Startup trading limbah, Pituku Group menciptakan ekosistem Pabrik Pengolahan Beras Tanpa Limbah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengelolaan dan pemanfaatan limbah yang baik tak hanya bisa mengurangi sampah dan menciptakan produk baru bernilai tambah. Lebih dari itu juga memberikan pendapatan tambahan.

Startup trading limbah, Pituku Group, menyadari potensi tersebut dan belum lama ini membuat gebrakan dengan menciptakan ekosistem Pabrik Pengolahan Beras Tanpa Limbah. Hal ini dilakukan lantaran limbah beras berupa gabah basah dan kering kerap dipandang sebelah mata dan diabaikan begitu saja.

Menggandeng salah satu pabrik beras, PT Sumber Asri Sejahtera (SAS), Pituku telah bergerak mengelola setiap limbah produksi secara efektif.

Nantinya limbah yang semula diabaikan bakal diintegrasikan setiap tahap produksi, sehingga menjadi satu sistem yang terpadu. Di mana semua produk sampingan dapat dimanfaatkan kembali dalam produksi atau digunakan sebagai bahan baku untuk industri lain.

CEO PT Pituku Cordova International, Faiz Rinaldy mengatakan, langkah tersebut bisa mengurangi dampak lingkungan dari limbah produksi yang dihasilkan oleh pabrik.

“Pada saat yang sama juga meningkatkan efisiensi produksi dan terpenting menghasilkan keuntungan tambahan,” ujarnya melalui keterangan tertulis, dikutip Rabu (15/2/2023).



Faiz mengungkapkan, perseroan juga memberikan pendanaan untuk pabrik-pabrik beras di Jawa Timur (Jatim). Adapun bisnis yang dilakukan oleh platform jual beli sampah dan limbah ini adalah dengan membagi hasil limbah produksi.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah dan mengembangkan pabrik, dengan tidak membuang limbah pabrik beras yang berpotensi mendatangkan keuntungan tambahan.

"Kami dari Pituku Group menyadari bahwa banyak potensi terbuang dari limbah pabrik beras, maka Pituku Group sebagai startup trading limbah terbesar di Indonesia membuka kesempatan sebesar-besarnya untuk berkolaborasi dengan menawarkan solusi pendanaan dan pemasaran bagi pabrik-pabrik beras di seluruh wilayah Indonesia,” papar Faiz.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)