Wapres Minta Regulasi Pengawasan Persaingan Usaha Tak Njlimet

Kamis, 16 Februari 2023 - 15:26 WIB
loading...
Wapres Minta Regulasi Pengawasan Persaingan Usaha Tak Njlimet
Wapres Maruf Amin ingin persaingan usaha semakin sehat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai regulasi pengawasan persaingan usaha di tingkat kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah masih berbelit-belit. Wapres pun meminta Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU ) agar bisa mengadopsi kebijakan baru yang lebih efisien guna penciptaan iklim usaha yang kondusif bagi investasi dan pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).



"Saya minta sinergi K/L, pemda dan pemangku kepentingan terkait harmonisasi upaya strategi dan pengawasan kemitraan UMKM lebih efektif, jangan berbelit-belit," ujar Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan di acara KPPU Award, Jakarta (16/2/2023).

Wapres juga meminta kepada KPPU agar memastikan pelaksanaan dan regulasi oleh pelaku usaha sehingga meningkatkan kepercayaan investor dan berbagai pemangku kepentingan. KPPU juga diminta untuk menjaga kepentingan negara dan masyarakat, pasar dan pelaku usaha secara maksimal dan akuntabel.

"Dengan begitu persaingan usaha dan kemitraan UMKM akan sehat," imbuhnya..

Wapres juga mendorong KPPU mencari formulasi bersama pemerintah daerah agar UMKM dapat berkolaborasi dengan industri besar. Menurutnya, jika industri besar bisa merangkul UMKM, maka akan terjalin suatu iklim usaha yang kondusif.



"KPPU mesti mencari formulasi yang melampaui kompetisi, yakni kolaborasi. Kolaborasi mesti bergerak secara vertikal antara usaha besar dan usaha yang lebih kecil. Kemudian kolaborasi secara horizontal antara usaha dalam satu level," tandas Ma’ruf Amin.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)