Tingkatkan Mutu Pers, Telkom Gelar Pelatihan Jurnalistik di Makassar

Selasa, 21 Februari 2023 - 19:57 WIB
loading...
Tingkatkan Mutu Pers, Telkom Gelar Pelatihan Jurnalistik di Makassar
Komisaris PT Telkom Indonesia Tbk Rizal Mallarangeng saat memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan jurnalistik yang berlangsung di Kota Makassar, Senin (20/2/2023). Foto/Tri Yari Kurniawan
A A A
MAKASSAR - PT Telkom Indonesia Tbk berkomitmen turut berkontribusi meningkatkan mutu pers di tanah air. Salah satunya dengan menggelar pelatihan jurnalistik di Kota Makassar pada Senin dan Selasa (20-21/2/2023). Bekerja sama dengan Publikom Strategic, kegiatan tersebut diikuti 25 jurnalis lingkup Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sabri Rasyid, Ketua panitia, mengatakan, dari puluhan jurnalis yang berpartisipasi, sebanyak 21 orang dari Makassar. Sisanya, masing-masing dua pewarta dari Parepare dan Toraja. Selama pelatihan, para peserta tidak sebatas diberikan materi, tapi juga ada simulasi, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas jurnalis.

"Hari pertama, sharing (materi dan ilmu jurnalistik-red) dan hari kedua, ini yang menarik akan ada simulasi press conference dan doorstop. Ya, semoga seluruh rangkaian kegiatan selama dua hari ini berjalan lancar," kata Sabri, yang juga AVP External Corporate Communication PT Telkom Indonesia, saat pembukaan kegiatan, Senin (20/2/2023).

VP Corporate Communication PT Telkom Indonesia, Andre Herawan Sasoko, pada kesempatan itu berharap pelatihan jurnalistik ini dapat memberikan dampak positif bagi seluruh pihak. Mutu pers diharapkan meningkat sehingga bisa memberikan informasi yang lebih komprehensif bagi publik, termasuk mengenai program strategis Telkom.

Pada kesempatan itu, ia juga bercerita mengenai latar belakang pelaksanaan pelatihan jurnalistik tersebut. Kegiatan ini diinisiasi oleh Komisaris PT Telkom Indonesia Rizal Mallarangeng, yang menginginkan strategi dan program Telkom diketahui dan dimengerti oleh publik. Untuk itu, diakuinya penting untuk menggandeng jurnalis dan meningkatkan kualitasnya lewat pelatihan.

"Kami mengharapkan pelatihan jurnalistik ini membawa manfaat sebesar-besarnya, baik bagi teman-teman jurnalis maupun bagi pihak Telkom," ujarnya.

Sementara itu Rizal Mallarangeng mengapresiasi manajemen PT Telkom yang cepat merespons gagasan pelatihan jurnalistik. Baginya penting untuk meningkatkan kualitas jurnalis di daerah, mengingat strategi dan program perusahaan tidak hanya berfokus di Jakarta.

"Tujuan kegiatan ini, bagaimana teman-teman (jurnalis) di daerah bisa mengerti dengan program-program Telkom. Nantinya itu untuk disampaikan kepada masyarakat agar bisa mengerti," ucapnya.

Perkenalkan Five Bold Moves
Pada kesempatan ini, manajemen PT Telkom juga memperkenalkan strategi utama perseroan dalam mendongkrak kinerja dan meningkatkan daya saing. VP Corporate Communication PT Telkom Indonesia Andre Herawan Sasoko menekankan transformasi terus dilakukan, bahkan saat ini perseroan mempersiapkan transformasi terbesar lewat strategi utama Five Bold Moves.

Poin pertama dari strategi tersebut, Andre menjelaskan adalah Fixed Mobile Convergence (FMC). FMC merupakan inisiatif untuk menggabungkan IndiHome ke Telkomsel, sehingga nantinya layanan fixed dan mobile broadband tersebut akan berada dalam satu entitas demi memberikan layanan broadband terbaik dengan biaya yang efisien.

Kedua, InfraCo berupa langkah konsolidasi pada infrastruktur telekomunikasi yang memungkinkan adanya network sharing demi mengoptimalkan potensi dan valuasi. Selanjutnya, inisiatif Data Center Co, dimana Telkom sedang melakukan konsolidasi data center dalam satu entitas Telkom Data Ecosystem.

Keempat, B2B Digital IT Service Co, dimana Telkom bakal lebih berfokus melayani bisnis dengan perusahaan setelah Telkomsel bergabung dengan IndiHome. Terakhir alias kelima adalah inisiatif DigiCo.

"Saat ini Telkom sedang bertransformasi, dan ini transformasi yang paling besar yang kami sebut Five Bold Moves. Tahun ini adalah puncak eksekusinya, makanya program ini perlu untuk kami sounding hingga ke daerah agar langkah besar ini dapat diketahui," paparnya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)