Jelang Lebaran, Perusahaan Mulai Booking Bus untuk Program Mudik Gratis

Selasa, 21 Februari 2023 - 21:58 WIB
loading...
Jelang Lebaran, Perusahaan Mulai Booking Bus untuk Program Mudik Gratis
Wakil Direktur Utama Blue Bird, Adrianto Djokosoetono. Foto/MPI/Heri Purnomo
A A A
JAKARTA - Program mudik bersama atau mudik gratis yang lazim digelar saat libur Lebaran membuat perusahaan transportasi ketiban rezeki. Pasalnya, penyewaan bus dipastikan meningkat.

Terlebih lagi, perayaan Hari Raya Idulfitri tahun ini berangsur normal seiring meredanya pandemi Covid-19. Sejumlah perusahaan BUMN maupun swasta pun berencana menggelar kembali program mudik gratis untuk masyarakat.

Hal ini menjadi angin segar bagi beberapa perusahaan bus yang menyediakan penyewaan bus pariwisata, salah satunya PT Blue Bird Tbk (BIRD).

Wakil Direktur Utama Blue Bird Adrianto Djokosoetono mengatakan, perseroan telah membuka jasa penyewaan bus sejak enam bulan menjelang Lebaran.

Menurut dia, saat ini sudah ada sejumlah perusahaan yang memesan alias booking bus untuk penyelenggaraan mudik gratis 2023. Namun, dia tidak merinci jumlah armada bus yang disewa.

"Sudah ada (yang booking), jumlahnya banyak. Prinsipnya sih seluruh bus yang kita punya available untuk disewa,” ujarnya dalam acara Kerjasama Blue Bird dan Le Minerale di kantor Blue Bird, Jakarta, Selasa (21/2/2023).



“Ada yang kontrak, ada yang ritel, yang ritel itu dipakai untuk salah satunya kegiatan mudik, baik korporasi, ataupun mudik bersama, atau keluarga, dan sebagainya,” terang Andre, sapaan akrab Adrianto Djokosoetono.

Dia optimistis permintaan akan terhadap layanan bus Big Bird akan meningkat pesat pada tahun ini. Apalagi, pemerintah sudah memberikan pelonggaran dengan mencabut PPKM.



“Mudah-mudahan ada kenaikan, kan sudah hampir normal sekarang, harusnya ada kenaikan. Kita melihat tahun ini cukup optimistis walaupun ada bayang-bayang kata resesi,” tuturnya.

Ketika ditanya apakah Blue Bird akan mengadakan program Mudik Gratis, menurut Andre perusahaannya saat ini berpartisipasi untuk mendukung penyediaan bus saja. “Kita partisipasi untuk men-support,” pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1949 seconds (0.1#10.140)