Ajang F1 Powerboat Lake Toba 2023 Akan Jadi Katalis Pendorong Ekonomi

Sabtu, 25 Februari 2023 - 18:25 WIB
loading...
Ajang F1 Powerboat Lake Toba 2023 Akan Jadi Katalis Pendorong Ekonomi
Ajang F1 Powerboat diyakini akan mendorong perekonomian. Foto/FaisalRahman/MPI
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong memastikan ajang balapan internasional F1 Powerboat Lake Toba 2023 menjadi katalis yang mendorong perekonomian. Khususnya sektor pariwisata di Danau Toba dan Sumatra Utara, serta Indonesia secara keseluruhan.



Pada 2023 ditargetkan ada sekitar 1,3 juta perjalanan menuju Danau Toba dengan prediksi perputaran uang sebesar Rp300 miliar. Nilai itu akan lebih besar lagi jika menghitung yang tak langsung.

“Ini yang secara langsung berputar, belum yang tidak langsung. Ini efeknya akan bertahan hingga setahun ke depan. Karena itu kita juga libatkan pelaku UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah -red) di sekitar Kota Balige. Event ini akan disiarkan ke berbagai penjuru dunia, tentu akan mengangkat Toba dan Indonesia,” ujar Usman di Kota Balige, dikutip Sabtu (25/2/2023).

Usman juga turut memperkenalkan potensi lain yang dimiliki Sumatra Utara, yang bisa dikerek naik lebih mendunia, yaitu kopi sidikalang. Daerah Sidikalang, Sumatra Utara, adalah penghasil biji kopi robusta yang dianggap terbaik. Berada di kawasan Bukit Barisan, dengan kombinasi kawasan yang sejuk dan dingin serta tanah yang subur, menjadikan kopi daerah tersebut sebagai salah satu kopi terbaik di Tanah Air.

“Kopi sidikalang ini sering saya nikmati. Kopi ini bisa menjadi andalan untuk dipasarkan, tidak hanya di daerah Sumatra Utara tapi bisa keluar bahkan menjadi komoditas ekspor andalan. Di festival-festival kopi Nusantara, kopi sidikalang jadi salah satu buruan penikmat kopi,” kata Usman.

Usman berharap pemerintah daerah setempat bisa mengembangkan dan membudidayakan lebih baik lagi. Imbasnya bukan hanya akan mengangkat kopi ini menjadi komoditas level dunia, namun yang lebih penting lagi bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Ajang F1 Powerboat Lake Toba 2023 Akan Jadi Katalis Pendorong Ekonomi

Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong. Foto/Ist

Bagian dari promosi, lanjut Usman, bisa memanfaatkan ajang F1 Powerboat Lake Toba 2023. Beberapa pembalap diungkapkannya telah merasakan nikmatnya kopi sidikalang.

“Upaya ini tidak berhenti saat event saja, tapi bagaimana pemerintah daerah akan memanfaatkan event-event lain bertaraf internasional untuk memperkenalkan potensi daerah. Promosi itu tidak boleh berhenti. Meskipun penjualan atau apa pun sudah bagus, tetap harus berjalan. Dan ini jadi tanggung jawab pemerintah daerah masing-masing,” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)