Masyarakat Antusias Sambut F1PowerBoat, Menparekraf: Pariwisata Menggeliat, Ekonomi Bangkit

Minggu, 26 Februari 2023 - 17:09 WIB
loading...
Masyarakat Antusias Sambut F1PowerBoat, Menparekraf: Pariwisata Menggeliat, Ekonomi Bangkit
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau pelaksanaan event internasional F1PowerBoat Toba di Danau Toba, Sumatra Utara. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau pelaksanaan event internasional F1PowerBoat Toba di Danau Toba, Sumatra Utara. Salah satunya, Menparekraf meninjau lokasi public view F1PowerBoat Toba di Bukit Pahoda, Balige, pada Sabtu (25/2).

Sandiaga mengapresiasi antusiasme dan keterlibatan masyarakat dalam mendukung kesuksesan event yang untuk pertama kalinya di Tanah Air ini.

"Semangat membangun kampung halaman ini kita hadirkan di Danau Toba karena saat ini perekonomian menggeliat. Pariwisatanya bangkit, lapangan kerja terbuka, dan masyarakat mudah-mudahan sejahtera," ujarnya, dikutip Minggu (26/2/2023).

Salah satu bukti dari antusiasme masyarakat tersebut, lanjut Sandiaga, adalah seluruh penginapan di Kota Balige terisi penuh. Mulai dari hotel hingga homestay, bahkan rumah penduduk.

"Saya berharap ini bisa menjadi akselerasi kebangkitan ekonomi kita sehingga target penciptaan lapangan kerja sebanyak 4,4 juta pada 2024 bisa kita wujudkan, khususnya di destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba," tuturnya.



Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba, Rosti Hutapea, menambahkan, masyarakat sekitar Balige menyambut baik kehadiran wisatawan yang ingin menyaksikan F1PowerBoat.

Sebagai upaya menyambut kehadiran para wisatawan, Pemerintah Kabupaten Toba telah menetapkan dan menyosialisasikan standar tarif penginapan di sekitar Balige sebesar Rp400.000.

"Kita sudah sosialisasikan kepada 1.000 pengelola penginapan, dan kita berikan pelatihan terkait kepariwisataan mulai dari Januari kemarin bekerja sama dengan Kemenparekraf," paparnya.



Dalam peninjauan ini Sandiaga didampingi oleh Direktur Industri Musik, Seni, Pertunjukan dan Penerbitan Kemenparekraf/Baparekraf, Mohammad Amin, serta Plt Direktur Poltekpar Medan, Ngatemin.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)