Pelatihan Budidaya Jeruk Kalamansi Dorong Peluang Usaha di Daerah

Minggu, 26 Februari 2023 - 11:30 WIB
loading...
Pelatihan Budidaya Jeruk Kalamansi Dorong Peluang Usaha di Daerah
Festival Kuliner Bencoolen Mall, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu, Minggu (26/2/2023). FOTO/dok.Istimewa
A A A
BENGKULU - Jeruk kalamansi merupakan sesuatu yang sudah melekat dan merakyat di Bengkulu. Oleh karena itu, Espas Sahabat Sandiaga Uno meningkatkan permintaan terhadap komoditas untuk dijadikan bahan sirup.

Ketua Espas Sahabat Sandiaga Uno Bengkulu, Teteh Adel mengatakan langkah tersebut dilakukan, untuk menjadikan jeruk kalamansi sebagai ikon pariwisata Bengkulu. Tak hanya itu, antusias peserta mengikuti pelatihan dapat lebih cepat membangkitkan ekonomi dan terciptanya peluang usaha di daerah.

"Pembuatan sirup kalamansi dapat bermanfaat bagi masyarakat Bengkulu agar terus berinovasi menciptakan peluang usaha. Jeruk kalamansi sama seperti jeruk yang lainnya, tetapi mempunyai keunggulan air lebih banyak. Ini ciri khas Bengkulu, mudah-mudahan bisa memperluas ke daerah-daerah lainnya di Indonesia," kata Adel di Festival Kuliner Bencoolen Mall, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu, Minggu (26/2/2023).



Adel menyampaikan emak-emak di Bengkulu sebagai penopang pendapatan keluarga. Adanya pelatihan ini diharapkan mereka dapat memperoleh pengetahuan dan berkeinginan memulai wirausaha. "Emak-emak di Bengkulu sebagaian besar penopang rumah tangga. Jadi diadakannya pelatihan ini, diharapkan mereka bisa berkarya dan menciptakan lapangan kerja disekitar," tandas Adel.

Sandiaga Uno dikenal sosok yang memiliki bukti nyata melalui program-programnya. Sehingga pelatihan ini akan terus didampingi untuk mengenalkan ikon Bengkulu kepada masyarakat luas. "Bang Sandi keren, karena programnya sampai kepada masyarakat, buktinya jelas. Kegiatan hari ini baru pembuatan alat manual, untuk produksi yang banyak Bang Sandi dapat membantu dalam segi alat sampai ikon Bengkulu melejit," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan Elpa Susyanti, 39, menjelaskan program tepat manfaat ini dapat menjadi solusi dalam menciptakan lapangan kerja baru di Bengkulu. Menurutnya hasil bumi dapat diolah sebagai daya tarik wisatawan. "Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk emak-emak membudidayakan hasil bumi sendiri, dijadikan sirup kalamansi. Semoga kami menjadi pengusaha untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Bengkulu," jelas Elpa.



Elpa mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan Espas Sahabat Sandiaga Uno yang mengharapkan pertanian di daerah dapat membangun pelaku ekonomi kreatif. "Terima kasih kepada Pak Sandi dan Espas Sahabat Sandiaga Uno yang menginginkan masyarakat di daerah maju dengan hasil pertaniannya," pungkasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Pusat Espas Sahabat Sandiaga Uno, Dewi Herawati yang akan terus berkolaborasi dengan semua pihak untuk menciptakan peluang-peluang usaha bagi masyarakat.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5409 seconds (0.1#10.140)