Kemenparekraf Apresiasi Pembiayaan 4 Film Indonesia melalui Fintech Securities Crowdfunding

Senin, 27 Februari 2023 - 15:34 WIB
loading...
Kemenparekraf Apresiasi Pembiayaan 4 Film Indonesia melalui Fintech Securities Crowdfunding
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) dan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo (dua kiri) saat peluncuran program pembiayaan 4 proyek film Indonesia, Jumat (24/2/2023). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) meluncurkan program pembiayaan 4 proyek film Indonesia perdana senilai Rp50 miliar.

Peluncuran program hasil kolaborasi pembiayaan dari Adhya Group dan Bizhare melalui kegiatan Fintech Securities Crowfunding Indonesia (FinsCoin) tersebut digelar di CGV Blitz Cinema Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (24/2).

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya menyampaikan, Kemenparekraf senantiasa mendukung industri perfilman Indonesia.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Adhya Group dan Bizhare atas inovasinya dalam hal akses pembiayaan alternatif melalui fintech securities crowdfunding.

"Mekanisme pembiayaan 4 proyek film ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Indonesia,” ujar Sandiaga, dikutip Senin (27/2/2023).

Adapun empat film yang akan mendapatkan pembiayaan tersebut yaitu Mantra Surugana yang disutradarai Dyan Sunu Prastowo, The Hole/Bolong disutradarai Hanung Bramantyo, Tulang Belulang Tulang dengan sutradara Sammaria Sari
Simanjuntak, dan Romeo Ingkar Janji yang disutradarai Emil Heradi.

Deputi bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Rizky Handayani mengatakan, salah satu tantangan cukup berat yang dialami industri perfilman Indonesia adalah pembiayaan produksi film, mulai dari biaya pra-produksi, produksi, hingga pemasaran dan distribusi film.

“Meskipun permintaan pasar untuk film lokal semakin meningkat, namun masih terdapat kendala dalam hal mendapatkan sumber pembiayaan yang memada," ungkapnya.



Pelaksanaan launching 4 proyek film Indonesia tersebut dihadiri oleh 120 peserta yang terdiri dari beberapa organisasi dan asosiasi insan perfilman Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)