Kisah Planet Kreatif Disabilitas, Terus Berkarya di Tengah Pandemi

Kamis, 02 Maret 2023 - 18:46 WIB
loading...
Kisah Planet Kreatif Disabilitas, Terus Berkarya di Tengah Pandemi
Kepala Dinas UMKM Pembina Pelaku Usaha PKD, Sri Dustirawati. Foto/MPI/Cahya Puteri Abdi Rabbi
A A A
JAKARTA - Planet Kreatif Disabilitas, organisasi yang mewadahi pengembangan kreativitas para penyandang disabilitas di kabupaten Bandung Barat, terus semangat berkarya meski di tengah pandemi Covid-19 yang menyapa sejak awal 2020. Organisasi ini membina para penyandang disabilitas yang secara inklusi memiliki kemampuan kerajinan tangan.

Kepala Dinas UMKM Pembina Pelaku Usaha PKD, Sri Dustirawati mengungkapkan, para pelaku usaha binaan Planet Kreatif Disabilitas tak menyerah begitu saja ketika menghadapi kondisi pandemi. Sri bilang, mereka tidak ingin hanya bergantung pada bantuan pemerintah.

"Mereka sangat antusias meski pandemi. Karena dengan terus mengembangkan usahanya, mereka bisa dapat tambahan penghasilan," ujarnya dalam acara 'Serah Terima Donasi MNC Peduli' di MNC Financial Center, Kamis (2/3/2023).

Sri menerangkan, para pelaku UMKM binaan Planet Kreatif Disabilitas dilatih untuk bisa menjalankan usaha sesuai dengan keahliannya. Mereka terus didampingi dari awal memulai hingga berkembang dan naik kelas.

Selain meningkatkan keahlian para pelaku UMKM binaannya, Planet Kreatif Disabilitas juga aktif mempromosikan produk kerajinan tangan karya para penyandang disabilitas melalui media sosial.

"Kami punya Instagram untuk promosi. Selain itu, kami juga difasilitasi oleh PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) dengan diberikan tempat seperti kafe yang ada galerinya di Cikole," tuturnya.

Adapun dukungan yang diberikan MNC Peduli kepada Planet Kreatif Disabilitas Bandung Barat dalam bentuk perlengkapan usaha berupa motor bak roda tiga sebagai mobilitas bantuan usaha.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo, kepada Sri Dustirawati selaku Kadis UMKM Pembina pelaku usaha PKD. "Saya ucapkan terima kasih atas bantuan ini, mudah-mudahan para pelaku usaha semakin semangat," tutup Sri.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)