Upaya Mengapresiasi Keberhasilan PR Perusahaan Memanfatkan Teknologi Digital

Rabu, 01 Maret 2023 - 15:12 WIB
loading...
Upaya Mengapresiasi Keberhasilan PR Perusahaan Memanfatkan Teknologi Digital
Digital PR punya peran penting mendukung kegiatan bisnis perusahaan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Perkembangan teknologi digital telah merasuk ke semua sendi kehidupan, tak terkecuali pada aktivitas hubungan masyarakat atau public relations ( PR ). Kehadiran teknologi digital telah mengubah cara dan tren berkomunikasi, terutama perusahaan dengan masyarakat atau publik.



Seiring perkembangan teknologi terkini, PR telah bertransformasi ke arah digital, karena aktivitasnya semakin mengandalkan media berbasis digital, seperti media siber, hingga media sosial. Di era digital yang semakin dinamis, praktisi PR tidak hanya dituntut mampu menguasai platform digital, tapi juga menjalankan aktivitas PR dengan lebih kreatif dan inovatif agar dapat menjalankan fungsinya dengan optimal.

Mengikuti perkembangan tersebut, INFOBRAND.ID bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia menghadirkan Top Digital Public Relations Award 2023, sebagai apresiasi dan pengakuan khusus kepada perusahaan dan brand yang sukses dalam memanfaatkan platform digital untuk berkomunikasi, menjalin engagement dengan publik untuk menciptakan persepsi dan citra positif terhadap brand dan perusahaan.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID, mengungkapkan, fungsi utama PR adalah membantu organisasi, perusahaan maupun brand agar selalu mempunyai hubungan harmonis dengan publik atau masyarakat melalui kegiatan komunikasi. Sementara, di era digital aktivitas PR dihadapkan pada tantangan lantaran informasi menyebar dengan sangat cepat, tidak hanya melalui media massa, tapi juga melalui media sosial.

Upaya Mengapresiasi Keberhasilan PR Perusahaan Memanfatkan Teknologi Digital


Melalui penghargaan Top Digital Public Relations Award 2023, INFOBRAND.ID ingin mendorong perusahaan melalui digital PR-nya mampu memaksimalkan peran social media, media digital, website dalam aktivitas PR. Mendorong pertumbuhan brand dan perusahaan melalui pendekatan digital PR secara efektif dan efisien. Serta mengapresiasi perusahaan dan brand yang telah berhasil memanfaatkan secara maksimal digital public relations.

“Penghargaan ini merupakan bukti keberhasilan perusahaan dan brand dalam menciptakan persepsi positif perusahaan dan brand, yang diharapkan dapat memicu kreatifitas dan inovasi divisi PR untuk semakin menguatkan strategi komunikasi mereka kepada konsumennya,” jelas Susilowati Ningsih, dalam konferensi pers, yang digelar saat penyelenggaraan INFOBRAND PUBLIC RELATIONS FORUM 2023, di The Sultan Hotel, Jakarta, dikutip Rabu (1/2/2023).

Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, menambahkan Top Digital Public Relations Award 2023 diberikan secara khusus kepada perusahaan emiten dan non-emiten, serta brand-brand yang ada di Indonesia. Untuk perusahaan emiten dan non-emiten, Riset Digital PR Index dilakukan pada bulan November 2022 – Januari 2023, dengan metode desk research terhadap 811 perusahaan emiten dan 500-an perusahaan non-emiten dari berbagai industri, dengan menggunakan tiga parameter penilaian yaitu; Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect.

Dari riset yang dilakukan, terungkap total ulasan perusahaan emiten dan non-emiten di halaman internet mencapai 20,5 juta ulasan. Kemudian total rata-rata perusahaan emiten dan non-emiten yang dicari pengguna internet ada 6,7 juta pencarian per bulan. Selanjutnya, total pemberitaan perusahaan emiten dan non-emiten di media digital mencapai 4,9 juta pemberitaan. Dan total pengunjung website perusahaan emiten dan non-emiten dalam rata-rata bulanan mencapai 1,6 miliar pengunjung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)