Riset Membuktikan Konsumen Akan Memilih Produk yang Lebih Ceria di 2023

Kamis, 02 Maret 2023 - 17:59 WIB
loading...
Riset Membuktikan Konsumen Akan Memilih Produk yang Lebih Ceria di 2023
Ceria, menyenangkan atau fun akan menjadi kunci utama untuk mencuri hati konsumen Indonesia, terlebih di tengah tantangan resesi ekonomi dan biaya hidup yang kian meningkat di tahun ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ceria, menyenangkan atau fun akan menjadi kunci utama untuk mencuri hati konsumen Indonesia, terlebih di tengah tantangan resesi ekonomi dan biaya hidup yang kian meningkat di tahun ini. Riset Mintel Global Consumer mengungkapkan, bahwa satu dari tiga (33%) konsumen Indonesia merasa kondisi keuangan mereka cukup baik, namun tidak memiliki cukup tabungan karena sudah habis untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar.



Meskipun begitu, ketertarikan konsumen Indonesia besar untuk mencoba hal baru (adventure) dan menyenangkan (playfulness). Di ajang Mintel Big Conversation di Jakarta, para periset dari perusahaan intelijen pasar dan konsumen ini memaparkan analisis dan prediksi perihal minat konsumen Indonesia pada kategori makanan dan minuman serta kecantikan dan perawatan pribadi, dari saat ini hingga beberapa tahun mendatang.

Paparan tersebut menunjukkan bahwa brand perlu lebih konsisten dalam mengkomunikasikan nilai-nilai produknya dengan cara yang ceria dan menyenangkan, di tengah masyarakat yang semakin sadar harga (price conscious).

Kategori Makanan dan Minuman: Enak tanpa rasa bersalah dan kedamaian luar angkasa

“Konsumen akan cenderung menghibur diri dengan memilih produk makanan dan minuman yang enak di masa-masa sulit, tapi sayangnya produk makanan dan minuman yang enak atau menyenangkan kerap dipasarkan sebagai produk yang berdosa atau tidak sehat,” kata Senior Food and Drink Analyst APAC, Heng Hong Tan di Jakarta, Kamis (2/3/2023).

"Brand bisa menggunakan cara baru dalam mempromosikan rasa enak pada produknya ke konsumen sehingga bisa dikonsumsi di rumah tanpa rasa bersalah (unguilty pleasure)," paparnya.



Sementara itu data Mintel menunjukkan, peningkatan minat terhadap pola hidup sehat yang dipengaruhi pandemi, dan lebih dari sepertiga (35%) masyarakat Indonesia mengonsumsi makanan yang enak untuk mengurangi stres.

"Ini waktunya bagi brand untuk memposisikan ulang produknya sebagai salah satu cara untuk menghibur diri, misalnya sebagai teman saat bersantai, suplemen kecantikan (edible beauty regimen) hingga waktu memasak di rumah," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)